Gubernur Sumsel Raih Penghargaan Paramakarya 2021 dari Kemnaker

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 12:38 WIB
Gubernur Sumsel Raih Penghargaan Ketenagakerjaan Paramakarya 2021
Foto: Dok. Pemprov Sumsel
Jakarta -

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mendapat penghargaan dalam penganugerahan Paramakarya 2021 dari Kementerian Ketenagakerjaan. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumsel H Koimuddin yang mewakili Herman Deru di Puri Agung Convention Hall Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Kamis (18/11).

Herman Deru mengaku bersyukur sekaligus bangga karena penghargaan tersebut diterimanya sebagai wujud komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dalam mendukung peningkatan produktivitas tenaga kerja.

"Hari ini saya mendapatkan penghargaan Paramakarya 2021 yang diberikan oleh Wakil Presiden. Penghargaan ini menyangkut ketenagakerjaan," kata Herman Deru dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (19/11/2021).

Kepala Disnakertrans Sumsel H Koimuddin menerangkan Paramakarya merupakan penghargaan pemerintah bagi dunia usaha dan dunia industri yang mampu meningkatkan produktivitasnya selama 3 tahun berturut-turut.

"Penghargaan yang diterima Gubernur Herman Deru ini juga menambah daftar koleksi penghargaan yang telah diraih sebelumnya," ungkap Koimuddin.

Dia merinci selain Gubernur Sumsel anugerah ini juga diberikan pada 34 perusahaan dengan kategori menengah dan kecil dan 22 gubernur atas dukungan dan pembinaan kepada perusahaan-perusahaan di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam arahannya mengatakan pandemi COVID-19 telah memaksa seluruh perusahaan melakukan berbagai penyesuaian agar bisa mengatasi beratnya tantangan untuk mempertahankan produktivitas. Meski tidak semua perusahaan berhasil melewati tantangan ini, lanjut Ma'ruf, banyak yang tetap mampu mempertahankan produktivitasnya.

"Prestasi yang saudara raih hari ini patut dibanggakan mengingat persaingan baik di tingkat nasional maupun global yang semakin ketat," kata Ma'ruf.

Ia menambahkan keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan bahkan meningkatkan produktivitasnya selama pandemi, adalah karena lincah dan mampu mengelola waktu, sumber daya manusia dan teknologi dengan baik di tengah keterbatasan saat pandemi.

"Di sisi lain, pandemi menyadarkan kita bahwa kolaborasi dan kerja sama sangat menentukan keberhasilan kita untuk mencapai tujuan, termasuk dalam hal peningkatan produktivitas," urai Ma'ruf.

(akd/ega)