Sirkuit Mandalika Gelar WSBK Mulai Hari Ini, Satgas Ingatkan Prokes

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 10:47 WIB
Road Sircuit Mandalika, Lombok, NTB
Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Mulai hari ini, RI menjadi tuan rumah balapan internasional World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan protokol kesehatan dipatuhi untuk mencegah penularan COVID-19.

Dia pun yakin jika itu dipatuhi penyelenggaraan event internasional dapat terkendali dari penularan COVID-19. Mengingat sebelumnya, Indonesia berhasil menyelenggarakan kegiatan besar tingkat nasional yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 dan Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVI 2021.

"Satgas meminta kepada seluruh pihak yang terlibat yaitu peserta, panitia, ofisial, dan penonton untuk secara disiplin mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan sebagai bentuk perlindungan diri dari penularan COVID-19," ujar Wiku dikutip dari laman resmi covid19.go.id, Jumat (19/11/2021).

Dia juga berharap semua pihak dapat ikut menjaga keberhasilan penyelenggaraan WSBK. Agar kegiatan-kegiatan besar selanjutnya dapat terus digelar dengan lancar dan aman dari penularan COVID-19.

"Penting untuk terus dijaga sehingga kegiatan-kegiatan besar dapat berjalan dengan lancar, aman dan minim risiko penularan COVID-19. Serta dapat membantu upaya pemulihan perekonomian di tingkat daerah maupun nasional," pungkas Wiku.

Sebelumnya, Gubernur NTB Zulkieflimansyah menegaskan WSBK Championship siap digelar pada 19-21 November. Dia mengatakan penyelenggara memastikan faktor keamanan event dan teknis balapan.

"Insyaallah semua pihak sudah siap menggelar WSB di Sirkuit Mandalika," kata Zulkieflimansyah seperti dikutip dari situs resmi Pemprov NTB, Kamis (18/11/2021).

Dia mengatakan faktor keamanan terkait event dan teknis balapan telah melalui koordinasi matang agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Zulkieflimansyah mengatakan Pemprov bersama TNI/Polri dan stakeholder lain menyiapkan keamanan di luar balapan seperti penonton dan suasana kondusif daerah, terutama lingkar sirkuit.

(akd/ega)