Ini Langkah IPB Cegah Kasus Mahasiswa Tewas Digigit Ular Berulang

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 06:45 WIB
Gedung rektorat IPB
Foto: Gedung rektorat IPB (Dok. IPB)
Jakarta -

IPB membenarkan salah satu mahasiswanya meninggal dunia terbujur kaku di Kebun Percobaan Cikabayan, Kampus IPB Dramaga, Bogor akibat gigitan ular berbisa. Wakil Rektor IPB, Drajat Martianto menyebut kejadian mahasiswa digigit ular hingga meninggal baru pertama kali terjadi.

"Kalau kejadian digigit ular sampai meninggal baru pertama kali terjadi, kalau kejadian-kejadian kecil digigit ular yang tidak berbisa atau tidak fatal memang ada, tetapi tidak banyak kasusnya," kata Drajat saat dihubungi, Kamis (18/11/2021) malam.

Drajat mengatakan kampus IPB memang dikenal sebagai kampus biodiversitas yang artinya memiliki beragam flora dan fauna. Karena itu, menurutnya, sejumlah hewan seperti ular berbisa sekalipun ada di lingkugan kampus IPB.

"IPB sebagai kampus biodiversitas memang memiliki keragaman flora dan fauna, di antaranya ular berbisa karena memiliki kawasan hutan dan kebun yang cukup luas. Ada juga musuh alami ular seperti biawak dan musang untuk menjaga keseimbangan secara alami," ucapnya.

Meski begitu, Drajat memastikan pihak IPB tidak ingin ada kejadian serupa terjadi lagi ke depannya. Untuk itu, dia akan melakukan upaya pencegahan dan penanganan.

"Kami tidak ingin kejadian serupa terulang lagi, oleh karenanya akan terus melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganan," ujarnya.

Lihat juga video 'Ular Sembunyi di Mesin Motor Matic Warga di Jaktim':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya langkah pencegahan IPB di halaman berikutnya.