Gigitan Maut Ular Tewaskan Mahasiswa IPB Bikin Polisi Turun Tangan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 21:15 WIB
A black racer snake  is a common garden snake in Florida. It is hanging out in a bush.
Foto ilustrasi ular berbisa. (iStock)
Jakarta -

Nasib nahas menimpa mahasiswa IPB University. Tubuhnya ditemukan terbujur kaku di Kebun Percobaan Cikabayan, Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Mahasiswa tersebut meninggal saat tengah olahraga pagi. Nyawanya diduga tak tertolong karena digigit ular berbisa.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT dan mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Semoga keluarga diberikan kesabaran dalam menghadapi musibah ini," kata Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University Drajat Martianto seperti dilansir dari Antara, Rabu (17/11/2021).

Kepada mahasiswa yang sedang meneliti maupun praktikum di lapangan, dia berpesan untuk lebih berhati-hati dan menerapkan upaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan perlengkapan yang memadai.

Pihak kampus IPB dan Polsek Dramaga mengevakuasi jasad mahasiswa IPB itu ke RSUD Ciawi untuk diautopsi. Drajat menjelaskan suasana kebun di pagi hari memang sepi.

"Keterangan sementara yang kami peroleh dari kepolisian maupun RS seperti itu. Melihat luka kecil di kaki juga bekas gigitan binatang," ucap Drajat ketika dihubungi, Kamis (18/11).

Mahasiswa itu ditemukan dengan mengenakan alas kaki sendal jepit. Drajat juga menyebut tempat kejadian perkara adalah kebun karet dan kopi.

"Ada saat berjalan (olahraga) pagi almarhum mengenakan sendal jepit, jalan yang dilewati memang sepi karena kebun karet dan kopi," ujarnya.

Masih kata Drajat, lokasi kejadian tak jauh dari laboratorium IPB. "Memang area kejadian tidak jauh dari lab-lab lapang IPB," jelas Drajat.

Kejadian ini pun sempat didalami penyidik. Penyidik awalnya menunggu hasil visum korban untuk memastikan benar atau tidaknya dugaan gigitan ular berbisa.

"Kalau misalnya visum udah turun bisa menyampaikan. Karena kan hasil visumnya belum turun dari Rumah Sakit Ciawi, karena kan korban dibawa ke sana," ungkap pejabat Humas Polres Bogor AKP Ita Puspita Lena saat dimintai konfirmasi hari ini.

Siang tadi, hasil visum mahasiswa IPB yang tewas diduga digigit ular berbisa keluar. Pihak kepolisian mengungkap korban dipastikan meninggal karena digigit ular berbisa.

"Berdasarkan hasil visum, pada kaki korban terdapat bekas satu gigitan ular," ujar Kapolres Bogor AKBP Harun kepada detikcom.

Simak juga 'Hiii! Ular Sembunyi di Mesin Motor Matic Warga di Jaktim':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)