Ubah Data Sertifikat Vaksin Bisa Lewat Whatsapp, Ikuti Cara Ini!

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 17:22 WIB
Ubah data sertifikat vaksin kini bisa melalui Whatsapp. Kini Kemenkes menambah layanannya melalui fitur Whatsapp.
Ubah data sertifikat vaksin melalui fitur Whatsapp Foto: Denny Pratama/detikcom
Jakarta -

Ubah data sertifikat vaksin kini bisa melalui Whatsapp. Kementerian Kesehatan menambahkan layanan pengaduan masyarakat untuk mempercepat respon pengaduan masyarakat mengenai sertifkat vaksin.

Fitur baru chatbot WhatsApp ini dibuat untuk mempercepat respon pengaduan masyarakat terkait sertifikat vaksinasi yang biasanya dilakukan melalui email dan call center 119. Sebelum chatbot whatsapp PeduliLindungi hadir, Kemenkes mengklaim rata-rata aduan melalui email per minggunya lebih dari 134.000, sementara melalui Call Center berkisar 80.000.

Lalu, bagaimana cara ubah data sertifikat vaksin melalui whatsapp? simak informasinya berikut ini.

Ubah Data Sertifikat Vaksin Lewat Whatsapp, Ini Langkahnya

Sekarang masyarakat dapat mengubah data sertifikat vaksin atau perbaikan data diri pada sertifikat vaksin melalui aplikasi perpesanan WhatsApp. Akun Instagram Indonesia Baik yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah menjelaskan langkah-langkahnya.

Berikut langkah-langkah untuk ubah data sertifikat vaksin melalui chatbot whatsapp:

  1. Hubungi Whatsapp Kemkes RI pada nomor 081110500567
  2. Lalu, akan keluar tulisan "Selamat Datang di Whatsapp Resmi Kemenkes RI"
  3. Pilih "Menu Utama" lalu klik "Layanan"
  4. Lalu pilih "Sertifikat Vaksin"
  5. Masukan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi
  6. Setelah itu, tuliskan 6 digit kode OTP yang diterima
  7. Klik "Ubah Data Diri"
  8. Terakhir, Anda akan diminta untuk memasukan nama yang digunakan untuk mendaftar vaksin.

Kini, cara ubah data sertifikat vaksin sudah diketahui. Simak informasi berikut ini mengenai layanan Whatsapp Kemenkes RI.

Whatsapp Kemenkes RI Sudah Dipastikan Aman

Pemerintah memastikan layanan Whatsapp Kemenkes RI aman. Walaupun menggunakan platform media sosial, pemerintah menjamin bahwa setiap data yang dikirimkan aman.

Hal ini karena masyarakat diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi dan kode OTP terlebih dahulu sebelum memberikan datanya. Selain itu, model pengaman chatbot Whatsapp juga sudah didesain dengan proses verifikasi dan end to end encryption.

"Semua kemudahan ini tentunya didesain dengan proses verifikasi dan tingkat keamanan yang mencukupi agar data dan privasi pengguna tetap terjaga dengan baik," kata Chief of Digital Tranformation Office (DTO), Kementerian Kesehatan, Setiaji.

Setelah mengetahui cara ubah data sertifikat vaksin lewat Whatsapp, simak informasi berikutnya tentang chatbot Whatsapp Kemenkes RI.