Perintah Gubsu Usai Viral Kerumunan-Waria Tampil di Binjai Milenial Market

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 16:27 WIB
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah-detikcom)
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi memerintahkan Satgas COVID-19 untuk mengawasi Binjai Milenial Market (BMM), Binjai, secara ketat. Edy meminta tak ada lagi kerumunan seperti saat pembukaan yang menghadirkan penari waria.

"Nanti Satgas ini lah yang melakukan pengawasan-pengawasan secara ketat," kata Edy di rumah dinas Gubsu, Medan, Kamis (18/11/2021).

Edy mengingatkan setiap kegiatan di Sumut tetap mematuhi aturan yang diterapkan saat PPKM. Dia mengatakan pemerintah ingin dunia usaha jalan beriringan dengan pencegahan penularan COVID-19.

"Memang orang ini berusaha seperti itu, ekonomi ini kan juga harus menggeliat," ujarnya.

Sebelumnya, sebuah video yang menunjukkan penampilan dua waria di tengah kerumunan warga saat pembukaan Binjai Milenial Market menjadi sorotan. Penampilan dua waria itu disesalkan karena turut disaksikan oleh anak di bawah umur.

Dua waria itu terlihat berjoget dan bernyanyi di tengah-tengah pengunjung. Keduanya terlihat menggunakan rok dengan panjang di atas lutut.

Tidak hanya menampilkan waria, pembukaan Binjai Milenial Market itu juga dihadiri banyak warga. Terlihat terjadinya kerumunan warga saat kegiatan itu.

"Pembukaan tempat nongkrong dan makan kekinian yang bernama Binjai Milenial Market di Lapangan Asrama, Kebun Lada 121, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Binia Utara, menuai pro dan kontra," tulis pengunggah video.

Pembukaan tempat nongkrong itu pada Sabtu (13/11) yang lalu. Terkait peristiwa ini, Polres Binjai awalnya memastikan tidak ada izin keramaian yang dikeluarkan saat acara itu berlangsung.

"Bahwa dalam acara/kegiatan tersebut polres Binjai tidak ada mengeluarkan surat izin keramaian," kata Kasubbag Humas Polres Binjai AKP Siswanto Ginting saat dimintai konfirmasi.

(haf/haf)