Aturan PPKM Level 3 Artinya Apa? Berlaku Se-Indonesia di Akhir Tahun

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 13:55 WIB
Aturan PPKM level 3 artinya apa mulai dicari tahu menjelang libur Natal dan Tahun Baru.
Aturan PPKM level 3 artinya apa-- ilustrasi Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta -

Aturan PPKM level 3 artinya apa mulai dicari tahu menjelang libur Natal dan Tahun Baru. Pemerintah berencana memberlakukan PPKM level 3 di seluruh Indonesia pada akhir tahun.

Langkah ini diambil pemerintah demi mencegah ada lonjakan kasus Corona saat akhir tahun. Kebijakan di Jawa Bali dan luar Jawa Bali akan sama.

"Selama libur Nataru, seluruh Indonesia akan diberlakukan peraturan dan ketentuan PPKM Level 3," ungkap Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis, Rabu (17/11).

"Sehingga ada keseragaman secara nasional. Sudah ada kesepakatan, aturan yang berlaku di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali nanti akan diseragamkan," sambungnya

Lantas, seperti aturan PPKM level 3 artinya apa nanti saat libur akhir tahun? Berikut rangkumannya.

Aturan PPKM Level 3 Artinya: Pemerintah Batasi Kegiatan di Ruang Publik

Aturan PPKM level 3 artinya pemerintah bakal membatasi kegiatan di ruang publik. Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, kegiatan di bioskop, pusat perbelanjaan, tempat makan hingga tempat ibadah kembali dibatasi.

Kebijakan itu diberlakukan seiring dengan tren kasus COVID-19 yang naik. Aturan itu bakal diberlakukan mulai 24 Desember 2021-2 Januari 2022. Dengan demikian, PPKM level 3 artinya bakal diketatkan agar mobilitas masyarakat dapat terkendali.

"Sebagai informasi, dalam kebijakan PPKM Level 3 dalam Inmendagri terdahulu di antaranya mengatur kegiatan di tempat ibadah maksimal kapasitas 50 persen, kegiatan di bioskop dan tempat makan minum maksimal kapasitas 50 persen, kegiatan di pusat perbelanjaan maksimal kapasitas 50 persen sampai pukul 21.00 dengan penerapan protokol kesehatan ketat, dan menutup fasilitas umum seperti alun-alun dan lapangan terbuka," demikian bunyi keterangan Kemenko PMK.

Aturan PPKM Level 3 Se-Indonesia Kapan Mulai Diterapkan?

Aturan PPKM level 3 se-Indonesia akan diterapkan pada 24 Desember 2021-2 Januari 2022. Nantinya, pemerintah akan menerbitkan aturan terbaru lewat Instruksi Mendagri.

Saat ini, aturan PPKM level 3 akhir tahun belum resmi diterbitkan. Namun ada beberapa usulan yang sedang dikaji pemerintah.
Dalam video yang diterima detikcom, Menko PMK menampilkan beberapa slide. Ada slide soal usulan sejumlah kegiatan yang tidak boleh digelar. Ini isinya:

  1. Acara Old & New (outdoor&indoor) termasuk pesta petasan dan kembang api pada 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.
    Usulan: Dilarang
    Keterangan: Kemenparekraf, Polri, Pemda
  2. Ibadah Natal dan Tahun Baru 24, 25 Desember 2021, dan 1 Januari 2022
    Usulan: Disesuaikan dengan level daerah
    Keterangan: Kemenag
  3. Kunjungan wisata pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022
    Usulan: Disesuaikan dengan level daerah
    Keterangan: Kemenparekraf, Pemda
  4. Pawai, arak-arakan di tahun baru tanggal 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022
    Usulan: Dilarang
    Keterangan Polri
  5. Pusat Perbelanjaan (Restoran, mal, pertokoan besar), tanggal 20 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022
    Usulan: Disesuaikan dengan level daerah
    Keterangan: Kemenparekraf, Kemendag

Kendati demikian, belum diketahui persis aturan PPKM level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru nanti. Dengan demikian, aturan PPKM level 3 artinya apa saja masih sedang dirumuskan.

Sebelumnya, pemerintah sudah beberapa kali mewanti-wanti bahwa aturan saat libur Natal dan tahun baru bisa makin ketat. Simak pernyataannya di halaman selanjutnya.