Kala Sambaran Petir di Kilang Pertamina Bikin Ahok Bertanya-tanya

ADVERTISEMENT

Kala Sambaran Petir di Kilang Pertamina Bikin Ahok Bertanya-tanya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 08:15 WIB
Warga menonton kobaran api yang terlihat di Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (14/11/2021) dini hari. Tangki 36 T 102 terbakar pada Sabtu (13/11/2021) pukul 19.10 WIB itu berisi komponen pertalite. ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.
Tanki kilang Pertamina di Cilacap kebakaran (ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA)
Jakarta -

Isu adanya sabotase menyelimuti kasus kebakaran tangki kilang minyak Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), yang ditegaskan polisi terjadi karena tersambar petir. Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok heran mengapa tebalnya tangki baja yang dilengkapi sistem antipetir masih bisa terbakar oleh sambaran petir.

"Harus pembuktian dari kepolisian," kata Ahok saat dihubungi, Selasa (17/10/2021).

Ahok mengatakan sudah menyampaikan pendapatnya terkait kasus ini ke kalangan internal Pertamina. Minggu depan Pertamina akan menyampaikan jawaban atas dugaan-dugaan terkait penyebab kebakaran ini, termasuk adanya sabotase.

"Minggu depan pihak manajemen akan sampaikan jawaban atas dugaan dugaan kami," ujar Ahok.

Ahok Cek Kilang Cilacap pasca KebakaranAhok mengeek kilang Cilacap pascakebakaran (Foto: Dok. Instagram @basukibtp)

"Pertanyaannya ke teknis, kenapa tangki bisa kesambar petir dengan sistem antipetir dan tangki yang sudah jelas diaudit berfungsi baik dengan bahan tangki baja tebal dan dobel dinding," sambungnya.

Penyelidikan Polisi: Tangki Tersambar Petir

Polisi masih menyelidiki peristiwa kebakaran tangki Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah, ini. Terkait dugaan penyebab kebakaran tangki tersebut karena sabotase juga masih didalami.

"Penyidik Polda Jateng berdasarkan fakta dan hasil riksa para saksi, dugaan sementara kuat penyebab utama adalah karena petir. Untuk (penyebab) lain masih didalami," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (16/11).

Simak video 'Hasil Pemeriksaan CCTV di Area Tangki Pertamina Cilacap: Ada Kilatan Petir!':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya di halaman selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT