Sambutan dan Tantangan dari Senayan untuk KSAD Dudung Abdurachman

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 04:35 WIB
Letjen Dudung Abdurachman dilantik menjadi KSAD (Foto: Screenshot YouTube Setpres)
Foto: Letjen Dudung Abdurachman dilantik menjadi KSAD (Foto: Screenshot YouTube Setpres)
Jakarta -

Jenderal Dudung Abdurachman resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Sambutan dan tantangan dari anggota DPR RI pun menyambut Dudung sebagai KSAD baru.

Dudung dilantik sebagai KSAD pada Rabu (17/11/2021), di Istana Negara, Jakarta. Kini, Dudung pun resmi menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang didapuk menjadi Panglima TNI.

Selain dilantik menjadi KSAD, Dudung juga dinaikkan pangkatnya. Saat ini, Dudung mengemban pangkat sebagai jenderal bintang empat.

"Menetapkan kesatu, memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa dari jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat disertai dengan ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut. Kedua, mengangkat Letjen TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," kata Sekretaris Militer Presiden Marsma TNI Tonny Harjono membacakan Kepres yang diteken Jokowi.

Pesan Jokowi

Dudung pun mendapatkan pesan dari Presiden Jokowi usai dilantik sebagai KSAD. Jokowi Jokowi meminta TNI AD selalu membantu program-program pemerintah.

"Ada pesan dari Bapak Presiden bahwa segala bentuk apa pun dari TNI Angkatan Darat harus membantu pemerintah di dalam melaksanakan programnya," kata Dudung dalam konferensi pers seusai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Dudung pun memastikan TNI AD siap membantu pemerintah, terutama demi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

"Kami TNI Angkatan Darat siap membantu pemerintah demi kesejahteraan masyarakat dan seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Selain itu, pesan lain yang disampaikan Jokowi ke Dudung adalah soal kesejahteraan prajurit TNI AD. Dudung mengatakan, Jokowi meminta dirinya meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI AD.

"Pesan berikutnya adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan prajurit," kata Dudung.

Simak video 'Jenderal Dudung Ungkap Pesan dari Jokowi Usai Dilantik Jadi KSAD':

[Gambas:Video 20detik]



Simak ucapan selamat untuk Dudung dari DPR RI di halaman selanjutnya.