Seekor Dugong Ditemukan Terdampar di Pulau Kucing Polman

Abdy Febriady - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 23:39 WIB
Seekor dugong ditemukan terdampar dalam kondisi mati dan membusuk di Pulau Kucing, Polman.
Seekor dugong ditemukan terdampar dalam kondisi mati dan membusuk di Pulau Kucing, Polman. (dok. Istimewa)
Polewali Mandar -

Seekor dugong atau duyung ditemukan nelayan terdampar di sekitar Pulau Kucing, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Saat ditemukan, Dugong sudah mati dan membusuk.

Peristiwa penemuan dugong terjadi Rabu (17/11) oleh nelayan. Dugong kemudian dievakuasi ke pinggir pantai agar tidak hanyut.

"Karena nelayan yang menemukan dugong tersebut tidak ingin berurusan dengan petugas, akhirnya melalui salah seorang teman, saya arahkan untuk mengamankan bangkai dugong itu ke pinggir pantai, agar tidak hanyut terbawa arus," kata Ketua Komunitas Sahabat Penyu Polewali Mandar, Muh Yusri, kepada wartawan, Rabu (17/11/2021).


Yusri lantas melakukan pemeriksaan lebih lanjut bersama petugas dari Polairud Polres Polewali Mandar dan petugas PSDKP (Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan). Dia mengatakan tidak ada bekas tanda kekerasan.

"Dari hasil pemeriksaan dan pengamatan sementara, tidak ditemukan adanya tanda luka atau goresan pada tubuh dugong. Namun, juga tidak bisa menyimpulkan penyebab kematian mamalia dilindungi ini, " ungkap Yusri.

Dugong itu berukuran panjang 276 sentimeter dan lebar badan 160 sentimeter. "Sementara ekor dan sirip dugong masing-masing berukuran 84 dan 40 sentimeter," ujarnya.

Sementara itu, petugas PSDKP Polewali Mandar, Husyari, mengungkap beberapa bulan lalu juga ditemukan seekor bayi dugong terdampar di pesisir pantai, sekitar pemukiman warga Desa Galung Tulu, Kecamatan Balanipa. Bayi dugong itu mati setelah hampir sepekan menjalani karantina untuk perawatan.

"Kita belum tahu apa penyebab kematian dugong ini, yang pastinya baru-baru ini, setidaknya ada dua kasus kematian dugong yang sempat kami data," tutup Husyari.

(eva/eva)