GOR Futsal Jadi Pengungsian Sementara Korban Banjir di Palangka Raya

Erika Dyah - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 20:40 WIB
Pemprov Kalteng
Foto: Dok. Pemprov Kalteng
Jakarta -

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menginstruksikan Pemerintah Kota Palangka Raya untuk menyiapkan GOR KONI Futsal, komplek Senaman Mantikai Palangka Raya untuk dijadikan tempat penampungan warga sementara. Hal ini dilakukan Pemprov Kalteng bersama Pemkot Palangka Raya sebagai upaya penanganan banjir untuk warga terdampak di wilayah Kelurahan Pahandut dan Langkai.

Sugianto mengungkap pemanfaatan GOR ini dilakukan setelah sebelumnya pihaknya memantau posko-posko penampungan di sejumlah wilayah di Kota Palangka Raya. Ia menjelaskan pihak pengelola GOR Futsal juga turut membantu penyediaan keperluan sanitasi dan sarana lainnya, seperti toilet, tempat saluran air dan lain sebagainya agar warga merasa nyaman di penampungan sementara.

"Pemerintah wajib membantu warga yang terdampak banjir, semoga bencana banjir ini cepat berlalu. Kami sudah melakukan pemantauan awal saat banjir pertama, dan untuk membantu posko penampungan warga, GOR Futsal kita gunakan sebagai salah satu tempat penampungan," kata Sugianto dalam keterangan tertulis, Rabu (17/11/2021).

Berdasarkan pantauannya, diketahui GOR Futsal komplek Senaman Mantikai ini sudah banyak didatangi oleh warga yang mengungsi di penampungan sementara tersebut.

Ia menambahkan, pihak Dinas Pemuda dan Olahraga setempat juga menyiapkan berbagai kelengkapan di lokasi penampungan sementara, seperti alas tidur karpet, toilet, hingga kebersihan lapangan.

Selain itu, Sugianto pun meminta Bupati/Wali Kota untuk hadir di tengah warganya dan melakukan upaya penanganan di wilayahnya masing-masing terkait banjir serta pasca banjir, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik.

"Pemprov Kalteng telah melakukan perhitungan kebutuhan mendesak warga yang perlu dibantu berdasarkan pemetaan wilayah dan data warga yang terdampak banjir. Sinergitas kabupaten dan kota dengan provinsi harus terbangun dengan baik," pungkasnya.

(akn/ega)