Mampukah Giring Bawa PSI Lebih Baik Dibanding Era Ketum Grace Natalie?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 18:59 WIB
Plt Ketum PSI Giring Ganesha berkunjung ke Kantor DPW PSI Jabar di Bandung. Di sana ia bicara terkait rencananya maju dalam kontestasi Pilpres tahun 2024.
Foto: Giring Ganesha (Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah melantik Giring Ganesha sebagai ketua umum (ketum) definitif. Bisakah Giring membawa PSI menembus DPR, prestasi yang belum diraih Ketum PSI sebelumnya, Grace Natalie?

Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam memaparkan analisisnya. Khoirul Umam menilai PSI di bawah kepemimpinan Grace mampu membangun akar politik dengan baik.

"Di bawah kepemimpinan Ketum PSI Grace Natalie dan Sekjen Raja Juli Antoni, PSI mampu membangun akar politik dengan baik. Meski belum bisa melampaui parliamentary threshold 4% persen, namun PSI sudah memiliki sel-sel politik di daerah yang siap berkompetisi lebih lanjut di 2024 mendatang," kata Khoirul Umam kepada wartawan, Rabu (17/11/2021).

Khoirul Umam mengingatkan Giring bahwa eksistensi PSI kini ada di pundaknya. Kepemimpinan Giring akan menentukan nasib PSI ke depan.

"Terkait dengan ditetapkannya Giring sebagai Ketum PSI definitif, tentu kepemimpinan baru di PSI ini akan menentukan efektivitas kinerja mesin politik partai ini ke depan," imbaunya.

Khusus untuk Giring, doktor politik dari Universitas Paramadina itu punya penilaian sendiri. Umam melihat pola komunikasi politik Giring cenderung mengarah ke sensasi.

"Sebagai politisi, sikap-sikap politik Giring belum menunjukkan karakter yang matang. Pola komunikasi politik yang dia gunakan masih cenderung berusaha menciptakan sensasi dan ledakan isu, dengan statement-statement kritis dan suara sumbang terhadap isu yang menjadi perhatiannya," papar Umam.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak juga 'Giring: Jangan Sampai Indonesia Jatuh ke Tangan Anies Baswedan':

[Gambas:Video 20detik]