Gedung SMAN 96 Jakbar Roboh, Diduga Kesalahan Konstruksi Bangunan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 17:57 WIB
Gedung di SMAN 96 yang masih dalam pembangunan roboh. (Foto: Rakha/detikcom)
Gedung di SMAN 96 yang masih dalam pembangunan roboh. (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Salah satu bangunan SMAN 96 Jakarta, Cengkareng, Jakarta Barat, roboh saat sedang direnovasi. Damkar Jakarta Barat mengungkap dugaan penyebabnya.

"Diduga terjadi kesalahan konstruksi bangunan (bangunan sedang proses pembangunan)," ujar Kasi Ops Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat Sjukri Bahanan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/11/2021).

Sjukri menuturkan petugas damkar mulai mengevakuasi korban di lokasi kejadian sekitar pukul 14.58 WIB. Pada 15.30 WIB, proses evakuasi selesai.

Empat unit mobil dan 20 personel damkar diterjunkan ke lokasi. Empat orang pekerja bangunan berinisial A, F, P, dan M terluka.

"Korban empat orang sudah dibawa ke rumah sakit terdekat dan untuk korban yang tertimbun info dari kontraktor nihil. Proses pencarian dihentikan. Korban sudah berhasil dievakuasi ke RSUD Cengkareng," ungkap Sjukri.

Seperti diketahui, bangunan SMAN 96 Jakarta di Cengkareng, Jakarta Barat, yang masih dalam proses pembangunan, roboh. Akibat kejadian itu, empat orang mengalami luka-luka.

"Ada empat (korban luka). Tidak ada meninggal dunia. Satu luka sedang, tiga orang luka ringan," ujar Kapolsek Cengkareng AKP Endah Pusparini saat ditemui di lokasi.

Endah menyebut keempat orang mengalami luka itu merupakan pekerja bangunan. Keempatnya kini sudah dibawa ke Rumah Sakit Cengkareng.

"(Semua) pekerja bangunan di sini. Sudah dibawa ke RS Cengkareng," kata Endah.

Hingga saat ini polisi sudah memeriksa lima orang saksi. Endah menyebut proses pembangunan SMAN 96 Jakarta kini dihentikan sementara.

"Ada dua orang ditanyakan, ditambah lagi tiga orang. Jadi lima orang. Dugaan sementara belum, saya belum dapat bucket ya kalau dilihat bagaimana perkembangannya. Soalnya, kasus ini ditarik ke Polres," terangnya.

Simak juga 'Angin Kencang di Sulsel Bikin Roboh Pohon dan Jendela Rumah Sakit':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/idn)