Jejak Singkat Letjen Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 15:35 WIB
Jokowi Resmi Lantik Letjen Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)
Letjen Ganip Warsito saat dilantik Jadi Kepala BNPB (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)
Jakarta -

Letjen TNI Ganip Warsito kini tak lagi menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ganip resmi digantikan Mayjen TNI Suharyanto, yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini.

Ganip diganti lantaran telah memasuki masa purnabakti atau pensiun. Mantan Kasum TNI itu pun cukup singkat mengomandoi BNPB.

25 Mei Dilantik

Ganip dilantik pada 25 Mei 2021. Ganip kala itu menggantikan Letjen Doni Monardo, yang juga memasuki masa pensiun.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada nusa dan bangsa. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian ucap Ganip Warsito dipandu Jokowi kala dilantik waktu itu.

Usai dilantik, Ganip pun diserahi tongkat estafet penanganan COVID-19 di Indonesia. Seperti diketahui, Kepala BNPB juga bertugas sebagai Kepala Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Saat itu, Ganip pernah bercerita mengenai beratnya tiga kali menggantikan Kepala BNPB sebelumnya, Letjen Doni Monardo. Hal itu disampaikan Letjen Ganip dalam rapat Komisi VIII, kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta.

"Saya pernah katakan ke teman-teman saya semua di BNPB waktu serah-terima, mengganti Pak Doni itu memang berat, Pak, saya sudah rasakan dua kali, dan ini ketiga kali," kata Ganip.

Ganip bercerita bahwa sebelumnya pernah menggantikan Doni Monardo dalam jabatan TNI sebanyak dua kali. Ganip mengatakan Doni senior lebih tua satu tahun di TNI.

Dia pun kala itu mengatakan percaya diri pada jabatan baru yang diembannya. Ganip juga meminta dukungan dari Komisi VIII DPR RI.

"Insyaallah dengan niat saya yang tulus dan ikhlas untuk bekerja demi bangsa dan negara, selalu saja ada jalan, dan dukungan dan kerja sama dari bapak-bapak semuanya, dan ibu-ibu di Komisi VIII ini, saya percaya diri tugas-tugas saya dapat terlaksana dengan baik juga," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan video 'Sah! Jokowi Lantik Mayjen Suharyanto Jadi Kepala BNPB':

[Gambas:Video 20detik]