Komisi IV DPR Minta KLHK Tinjau DAS Kapuas soal Banjir di Kalbar

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 13:13 WIB
Jakarta -

Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) segera meninjau dan pulihkan daerah aliran Sungai (DAS) Kapuas. Ia juga meminta KLHK untuk melakukan evaluasi kondisi hutan di sepanjang aliran sungai.

"KLHK perlu ada peninjauan terhadap DAS Sungai Kapuas, apakah banjir tersebut akibat dari pendangkalan sungai, lalu bagaimana dengan kondisi hutan di sepanjang aliran sungai?" kata Daniel Johan dalam keterangan tertulis, Rabu (17/11/2021).

Permintaan itu disampaikan agar dilakukan peninjauan ke lapangan, dengan begitu pemerintah mengetahui secara langsung gambaran penyebab banjir. Selanjutnya dilakukan pemetaan secara komprehensif, berikut upaya-upaya pemulihannya.

Hal itu disampaikan sejalan dengan bencana banjir yang menerjang berbagai daerah di Kalimantan Barat, di antaranya Kabupaten Sintang, Kapuas Hulu, Melawi, Sekadau, Sanggau, dan Mempawah. Khusus masyarakat di Kabupaten Sintang bahkan sampai terendam banjir sejak Kamis, 21 Oktober 2021.

Dari bencana banjir tersebut, sedikitnya 12 dari 14 kecamatan di Kabupaten Sintang terendam banjir setinggi satu meter dan aktivitas masyarakat nyaris lumpuh total.

Daniel juga menyoroti pentingnya penanganan pascabanjir terhadap infrastruktur yang rusak parah. Penanganan itu perlu ditindaklanjuti dengan kebijakan dan anggaran afirmatif.

"Pasti akan begitu banyak infrastruktur jalan yang rusak dan terputus sehingga perlu kebijakan dan anggaran afirmatif mengatasi hal ini," ucapnya.

Daniel menekankan pentingnya semua pihak bergotong-royong termasuk peran pemerintah dalam meringankan beban warga.

"Saat ini yang utama dilakukan adalah segera membantu warga terdampak terutama mengenai logistik kebutuhan sehari-sehari dan kesehatan, mereka pasti kesusahan saat ini. Tim tanggap darurat dari BNPB harus segera menyalurkan bantuan makanan, obat-obatan, dan perahu untuk mengevakuasi warga," tegasnya.

(prf/ega)