Kapendam Pattimura Bantah Selebgram Ambon Live Mesum 'Es Batu' Keluarga TNI

Muslimin Abbas - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 12:11 WIB
Kapendam XVI Pattimura, Letkol Arh Adi Prayogo Choirul Fajar. (Muslimin Abbas/detikcom)
Foto: Kapendam XVI Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo Choirul Fajar. (Muslimin Abbas/detikcom)
Ambon -

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVI Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo Choirul Fajar membantah kabar yang menyebut selebgram Ambon inisial VWS (21) yang melakukan adegan mesum 'es batu' dan menyiarkannya secara langsung (live) bersama kekasihnya J (25) merupakan keluarga anggota TNI.

Kolonel Adi mengungkapkan, VWS tak bisa disebut Keluarga Besar Tentara (KBT) karena sejak kecil tidak tinggal bersama ayahnya yang merupakan anggota TNI. Hal ini karena orang tua VWS telah bercerai dan VWS sejak kecil tinggal bersama ibunya.

"Status anak perempuan ini (VWS) bukan Keluarga Besar Tentara lagi karna ibunya sudah cerai (dengan bapaknya yang TNI), kemudian anak ini ikut ibunya. Artinya hubungan keterkaitan, hubungan Keluarga Besar Tentara sudah tidak ada lagi," kata Kolonel Adi dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (17/11/2021).

Adi lantas menegaskan, kasus video mesum VWS dan kekasihnya J yang viral dengan sebutan pasangan 'es batu' menjadi urusan sipiil. Kasus itu tidak ada hubungannya dengan TNI.

"Jadi ini murni urusan masalah sipil," tegas Adi.

Untuk diketahui, VWS dan kekasihnya J sempat diamankan di Kodim 1504/Ambon setelah video live mesum 'es batu' keduanya viral di media sosial. Keduanya lalu dibawa ke Mapolda Maluku untuk dimintai keterangan.

"Intinya (sempat) diamankan di tentara," kata Direktur Kriminal Khsus (Dirreskrimsus) Polda Maluku Kombes Eko Santoso dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (16/11).

Polisi lalu mengungkap sebab VWS dan J sempat diamankan anggota TNI. Salah satu dari sejoli itu merupakan anak anggota TNI.

"Di antara 2 pelaku dalam video itu salah satunya inisial VWS (21) merupakan anak dari rekan kita anggota TNI AD," ujar Panit Siber Ditreskrimsus Polda Maluku Ipda Henny Papilaya di kantornya, Selasa (16/11).

"Terkait dengan video yang viral itu karena diketahui oleh orang tua, makanya mereka (orang tua) berinisiatif mengamankan dan mencari kedua pelaku dalam video tersebut," tambahnya.

Orang tua salah satu pelaku video sejoli 'es batu' itu lantas mencari keduanya. "Diamankan si cewek dan si cowok itu di Kodim, karena memang bagian dari anak anggota di sana," kata Henny.

Setelah kedua VWS dan J diamankan di Kodim 1504/Ambon, Polda Ambon melakukan koordinasi agar keduanya dibawa ke Ditreskrimsus Polda Maluku klarifikasi awal.

"Karena namanya orang tua punya anak, artinya pasti dicari, diamankan, terus hanya bersifat pembinaan, sekaligus diselesaikan permasalahan di antara mereka berdua dengan melibatkan keluarga," jelas Henny.

"Nah kami dari pihak Siber (Ditreskrimsus) mendatangi Jendam (Kodim Ambon) tadi pagi untuk berkoordinasi, dengan meminta agar yang bersangkutan dihadirkan ke kantor Ditreskrimsus untuk hanya sebatas klarifikasi awal, karena memang atas perbuatan mereka sudah viral ke mana-mana. Kami dari Ditreskrimsus sendiri menghadirkan untuk klarifikasi," lanjutnya.

Lihat juga Video: Detik-detik Penangkapan Sopir Angkot yang Tabrak Mati Satpam

[Gambas:Video 20detik]




(nvl/nvl)