8 dari 23 Tahanan Polres Batanghari Jambi yang Kabur Diamankan

Ferdi Almunanda - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 00:33 WIB
Ilustrasi napi/tahanan kabur (Andhika-detik)
Foto: Ilustrasi napi/tahanan kabur (Andhika-detik)
Jambi -

Delapan dari 23 tahanan Polres Batanghari yang kabur dari sel penjara LPKA Klas II B, Muaro Bulian Jambi diamankan polisi. Depapan orang itu ada yang ditangkap saat bersembunyi, ada pula yang menyerahkan diri.

"Dari delapan orang tahanan yang kita amankan ini, empat orangnya ditangkap anggota saat bersembunyi di perkebunan warga, serta empat orang lagi diserahkan langsung oleh keluarganya. Jadi total sekarang 15 orang lagi yang masih dalam pencarian," kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto kepada detikcom, Selasa (16/11/2021).

Personil gabungan Polres dan Polda Jambi kini juga sudah disebarkan dibeberapa titik lokasi pencarian. Polisi juga telah mendatangi beberapa keluarga tahanan, meminta agar tahanan menyerahkan diri.

Delapan tahanan yang diamankan itu sudah dibawa polisi ke Polsek Kota Muaro Bulian Jambi untuk dititipkan. Delapan orang tahanan yang diamankan itu disebut polisi tidak sampai diberikan tindakan tegas.

"Sekarang delapan tahanan ini sementara kita serahkan dan amankan di Mapolsek. Nanti sisanya segera ditangkap," ujar Mulia.

Diketahui, dari info yang diterima, 23 tahanan kabur, sebanyak 16 orang merupakan tahanan narkoba, empat orang kasus kejahatan pidana umum, sedangkan tiga lainnya tahanan kasus narkoba yang sudah pelimpahan ke kejaksaan.

Diketahui, 23 tahanan dari Polres Batanghari Jambi kabur dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II B Muaro Bulian Jambi pada Minggu malam (14/11). Tahanan itu kabur dengan cara merusak sel penjara beramai-ramai dan keluar dengan memanjat tembok.

Puluhan tahanan itu berhasil diketahui kabur oleh petugas, usai satu diantara mereka menyerahkan diri usai ikut kabur bersama para tahanan lainnya.

(aik/aik)