Kasus COVID-19 Naik di Eropa, Pemerintah Ajak Warga Perkuat Prokes

Nurcholis Maarif - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 23:00 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan banyak negara di Eropa yang tengah mengalami lonjakan kasus COVID-19. Pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk tidak mengendurkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan agar hal serupa tidak terjadi di Indonesia.

Salah satu negara yang mengalami kenaikan kasus COVID-19 secara signifikan adalah Jerman. Negara itu mendapati kenaikan lebih dari 50.000 kasus baru dalam sehari. Hal serupa juga terjadi di Belanda yang mencatat sejumlah daerahnya tengah mengalami lonjakan kasus secara signifikan.

Belajar tantangan yang tengah dialami negara lain, Johnny mengatakan pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk selalu berdisiplin dalam menerapkan prokes. Terlebih, saat ini kenaikan kasus mulai terjadi di beberapa daerah.

"Beberapa kabupaten/kota di Jawa-Bali mulai mengalami peningkatan kasus dan perawatan mingguan. Khusus wilayah Jawa-Bali terdapat 29% kabupaten/kota yang mengalami peningkatan kasus dibandingkan pekan lalu. Kemudian, 34% kabupaten/kota yang mengalami peningkatan orang yang dirawat dibandingkan minggu lalu," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (16/11/2021).

Oleh karena itu, Johnny kembali meminta semua pihak agar terus berhati-hati dan waspada, khususnya dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru. Indikator Google Mobility yang memantau pergerakan masyarakat di Jawa-Bali, menunjukkan mobilitas masyarakat mulai meningkat secara signifikan di atas periode Nataru tahun lalu.

"Kita harus berdisiplin menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi segala aturan yang ditetapkan oleh pemerintah demi mencegah lonjakan kasus seperti sebelumnya terjadi lagi di Indonesia. Dengan kerja keras dan kerja sama, kita pasti bisa!" tegasnya.

(ncm/ega)