Dianggap Lucu Adian, Ini 3 Kebakaran Kilang Pertamina karena Petir di 2021

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 16:27 WIB
Jakarta -

Petir lagi-lagi diduga menjadi penyebab terbakarnya tangki kilang milik PT Pertamina. Tercatat sudah ada tiga kebakaran tangki kilang PT Pertamina yang diduga akibat petir.

Anggota Komisi VI DPR Fraksi PDIP, Adian Napitupulu, berkeras menduga kebakaran tangki Pertamina di Cilacap terjadi karena ada sabotase meski kilatan petir tampak terekam CCTV. Dia menyebut lucu ketika kebakaran tangki Pertamina selalu disebabkan oleh petir.

"Agak lucu kalau petir selalu menjadi alasan atas terbakarnya kilang Pertamina. Jika petir selalu menjadi sebab terbakarnya kilang, maka itu membuktikan paling tidak dua hal," kata Adian saat dihubungi, Selasa (16/11/2021).

Adian memaparkan, hal pertama ialah Pertamina dan semua pihak tidak pernah belajar terkait insiden petir tersebut. Hal kedua, menurutnya, berarti Pertamina sedemikian bodoh sampai tidak bisa mengantisipasi kilatan petir tersebut.

Atas dasar itulah, Adian menyebut ada beberapa kemungkinan selain petir yang bisa menyebabkan kebakaran, yaitu human error dan sabotase. Dia menduga kuat adanya sabotase lantaran BBM merupakan sektor penting bagi kehidupan rakyat dan negara.

"Mulai dari petir, human error, ataupun sabotase untuk beragam kepentingan. Kenapa sabotase bisa menjadi kemungkinan? Karena besarnya kepentingan terhadap BBM bagi semua sektor kehidupan rakyat dan negara. BBM penting bukan saja bagi petani, tapi juga bagi buruh hingga polisi dan Tentara. Itu sebabnya kilang minyak masuk dalam kategori objek vital negara," ujarnya.

Tercatat, sudah ada tiga kejadian kebakaran kilang milik PT Pertamina akibat petir.