Polisi Temukan 2 Pistol Perampok Toko di Aceh, 2 Pelaku Diburu

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 10:33 WIB
2 pistol perampok toko di Aceh (dok. Istimewa)
Dua pistol perampok toko di Aceh (Dok. Istimewa)
Banda Aceh -

Polisi menemukan dua pistol yang diduga dipakai perampok toko pakaian di Aceh. Polisi juga masih memburu dua pelaku lain.

"Dua senjata itu kami temukan pada Jumat kemarin sekira pukul 21.30 WIB di rumah MU di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur," kata Kapolres Aceh Timur AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Dia mengatakan senjata tersebut ditemukan berdasarkan pengakuan tersangka MH kepada penyidik. MH mengaku dua pistol itu telah diserahkan ke temannya MU. Polisi juga menemukan 10 peluru yang disimpan dalam sebuah speaker rusak di pekarangan rumah.

"Ketika kita datang ke rumahnya, MU tidak berada di tempat," jelas Mahmun.

Polisi masih memburu MU. Otak di balik perampokan itu, AZ, juga telah ditetapkan sebagai buron.

"Dengan penambahan dua senjata yang kita temukan kemarin, maka kita sudah menemukan tiga senjata api, dengan rincian dua senpi jenis FN dan satu jenis revolver," ujar Mahmun.

Sebelumnya, toko pakaian di Aceh Timur diduga dirampok tiga pria berpistol. Dalam rekaman CCTV yang beredar, aksi perampokan itu terjadi dalam hitungan detik. Ketiga perampok masuk ke dalam toko sambil menodongkan senjata jenis pistol.

Salah satu pelaku diduga sempat melakukan penembakan di dalam toko. Satu pelaku naik ke meja kasir dan diduga mengambil uang Rp 140 juta. Sementara satu pelaku lainnya berjaga-jaga di belakang.

Perempuan penjaga toko perlahan-lahan berjalan mendekat ke kasir. Setelah merampok, ketiga pelaku melarikan diri. Beberapa orang di dalam toko kemudian keluar meminta pertolongan.

Dua di antara pelaku mengenakan helm serta penutup kepala, sedangkan pelaku yang diduga menembak hanya memakai penutup kepala. Aksi perampokan itu disebut terjadi di Arul Pinang, Kecamatan Peunarun, Aceh Timur.

"Memang benar telah terjadi tindak pidana perampokan yang terjadi di salah satu toko pakaian milik Z," tutur Winardy saat dimintai konfirmasi, Senin (1/11).

Dalam kasus ini, polisi telah menciduk empat tersangka, yakni BY (33), MH (26), RS (28), serta ZF (36). Para tersangka diciduk di tempat terpisah punya peran berbeda dalam kasus perampokan tersebut.

(agse/haf)