DPR Apresiasi Tren Positif Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan 2020

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 23:10 WIB
Kemnaker
Foto: Dok. Kemnaker
Jakarta -

Komisi IX DPR mengapresiasi atas hasil tren positif Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan yang meningkat di tahun 2020 dibandingkan tahun 2019. Tren positif tersebut terlihat dari kondisi keberhasilan pembangunan ketenagakerjaan yang mencakup sembilan indikator utama pembangunan ketenagakerjaan.

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Demokrat Aliyah Mustika Ilham menilai capaian IPK tahun 2020 dibandingkan tahun 2019 cenderung meningkat dari seluruh indikator. Dalam rapat kerja dengan Menaker dan BPJS Ketenagakerjaan di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta itu, ia menilai hal ini merupakan sebuah prestasi bagi Kementerian Ketenagakerjaan.

"Berdasarkan data tersebut, saya juga menyampaikan apresiasi kepada Ibu Menteri dan jajarannya karena di era pandemi dari semua indikator IPK tetap terjadi peningkatan," kata Aliyah dalam keterangan tertulis, Senin (15/11/2020).

Senada dengan Aliyah, Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PKS, Netty Prasetyani menilai IPK membuat pihaknya optimis. Mengingat hasil IPK telah mencapai sasaran terutama IPK kedelapan, yakni pengupahan dan kesejahteraan pekerja.

"IPK membuat kita optimis yang menjadi salah satu indikator pembangunan ketenagakerjaan yang meliputi sembilan aspek," katanya.

Apresiasi lainnya juga disampaikan oleh Anggota DPR dari Fraksi PKB, Nur Yasin. Apresiasi ini ditujukan kepada Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang telah berhasil mencapai tren positif dalam konteks ketenagakerjaan di masa pandemi COVID-19.

"Saya appreciate presentasi Bu Menteri telah mencapai kemajuan-kemajuan yang kita harapkan," pungkasnya.

(akn/ega)