Kembali Digelar, Pertamina Eco Run 2021 Bakal Berlangsung Virtual

Erika Dyah - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 19:58 WIB
Pertamina Eco Run
Foto: Pertamina
Jakarta -

Kompetisi lari tahunan Pertamina Eco Run 2021 akan kembali digelar di penghujung tahun 2021. Sama seperti tahun sebelumnya, Pertamina Eco Run 2021 akan berlangsung secara virtual.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman menjelaskan seluruh proses Pertamina Eco Run 2021 dilaksanakan secara virtual. Mulai dari pendaftaran, pelaksanaan, hingga pemberian hadiah dan doorprize. Ia menambahkan keseluruhan kegiatan dilaksanakan secara digital dan bisa disaksikan melalui akun resmi perusahaan.

"Sesuai anjuran pemerintah untuk membatasi kegiatan berkumpul, Pertamina akan mematuhi dengan melakukan kegiatan yang sebisa mungkin dilakukan secara virtual," ujar Fajriyah dalam keterangan tertulis, Senin (15/11/2021).

Ia menerangkan Pertamina Eco Run merupakan cara Pertamina mengajak masyarakat untuk tetap sehat dan menjaga imunitas di tengah pandemi. Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus mengkampanyekan peduli sesama dan mengajak seluruh pesertanya serta masyarakat untuk tetap peduli lingkungan.

Fajriyah mengungkap tahun ini pihaknya mengusung tema 'Run For The Earth' dalam gelaran Eco Run 2021. Nantinya, setiap kilometer peserta berlari akan dikonversikan menjadi program CSR Pertamina yang fokus untuk membantu mengurangi emisi, mengurangi jejak karbon, dan menjaga keberlanjutan bumi.

"Dengan menukarkan 640 point pembelian BBM yang lebih berkualitas dan lebih ramah lingkungan seperti Pertamax series dan Pertamina Dex melalui aplikasi MyPertamina, dapat langsung ditukarkan menjadi tiket Eco Run," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan Pertamina Eco Run akan dilaksanakan mulai 27 November 2021. Melalui kanal virtual, peserta dapat memilih periode yang diinginkan.

Pada periode multiple run, peserta dapat berlari dalam kurun waktu 13 hari sejak tanggal 27 November 2021 hingga tanggal 9 Desember 2021 di lokasi masing-masing dan mengumpulkan jarak tempuh lari sejauh 10 KM.

Sedangkan pada sesi real-time run, peserta akan berlari sepanjang 5 KM secara serentak di lokasi masing-masing pada waktu yang bersamaan, yakni tanggal 12 Desember 2021. Lari serentak ini akan dimulai pukul 06.00 WIB.

Selanjutnya, peserta dapat mengunggah hasil lari mereka yang akan diakumulasikan secara otomatis dan dapat dilihat pada leaderboard di www.pertaminaecorun.com.

Fajriyah menjelaskan, tidak banyak yang berbeda mekanisme berlari dalam Pertamina Eco Run 2021 dengan tahun sebelumnya. Peserta hanya perlu men-download Aplikasi Pertamina Eco Run, sementara bagi masyarakat yang sudah terdaftar di Aplikasi Pertamina Eco Run maka akan mendapat pemberitahuan untuk mengetahui saatnya mulai berlari.

"Aplikasi Pertamina Eco Run akan secara otomatis mencatat hasil berlari selama periode berlangsung, jarak lari akan tercatat di Aplikasi Pertamina Eco Run dan hasilnya akan terakumulasi pada Leaderboard Challenge secara otomatis," kata Fajriyah.

Sebagai informasi, pendaftaran Pertamina Eco Run resmi dibuka mulai 15 November hingga 26 November 2021. Calon peserta bisa mendaftar melalui aplikasi Pertamina Eco Run dan seluruh proses pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis.

Fajriyah pun menekankan semua orang dari berbagai kalangan yang sudah berusia 15 tahun ke atas bisa mendaftar sebagai peserta , termasuk warga negara asing yang tinggal di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut dapat diakses melalui www.pertaminaecorun.com, media sosial Instagram @pertamina, Twitter & Facebook : Pertamina, E-mail : info@pertaminaecorun.com atau nomor Admin : 0812 2195 9037.

(fhs/ega)