detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Before-After Galian MT Haryono Dirapikan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 18:27 WIB
Masalah galian di MT Haryono, Jakarta Timur Tuntas
Foto: Fuad Hasim/detikcom
Jakarta -

Galian di Jl MT Haryono, tepatnya di depan Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, menambah macet lalu lintas, di lokasi yang jadi langganan macet. Kini galian tersebut sudah selesai dan dirapikan.

Galian tersebut diberitakan oleh detikcom pertama kali pada Kamis (11/11). Galian itu berada di samping proyek LRT.

Dirut PD PAM Jaya menyampaikan galian itu adalah proyek relokasi pipa 150 mm milik perusahaan air minum Aetra. Pemindahan pipa terpaksa dilakukan karena terdampak proyek MRT.

Galian di Jl MT Haryono mengakibatkan kemacetan.Galian di Jl MT Haryono mengakibatkan kemacetan. (Marteen Ronaldo/detikcom)

Adanya galian menghambat lalu lintas jalan, di area yang sudah padat saat jam-jam sibuk. Galian tersebut diharapkan segera terselesaikan.

"Sudah sering macet disini, ditambah pula macetnya. Kalau sudah kayak begini, pasrah saja," kata salah seorang warga sekitar, Arnold, di lokasi, Kamis (11/11/2021).

"Terkadang, kalau posisi seperti ini, kita juga bingung mau lewat mana lagi. Apalagi ada proyek LRT juga kan, jadi bertambah macetnya," ujarnya.

Kini pada Senin (15/11/2021), dilaporkan bahwa galian sudah rapi. Tidak ada lagi tumpukan sisa galian, seperti tanah, atau pembatas di lokasi.

Bagaimana perbandingan sebelum dan setelah atau before and after:

Before

Galian di Jl MT Haryono mengakibatkan kemacetan.Galian di Jl MT Haryono mengakibatkan kemacetan. (Marteen Ronaldo/detikcom)

Pada Kamis (11/11), galian berada di Jl MT Haryono arah Pancoran. Terlihat, galian tersebut digarisi oleh papan perusahaan air minum Aetra.

Galian tersebut dibiarkan terbuka dan tidak terlihat petugas yang mengerjakan penggalian. Saat ini keadaan lalu lintas di sekitar lokasi terlihat ramai-lancar. Sedangkan arah sebaliknya terlihat arus lalu lintas sepi.


After

Galian di Jl MT Haryono telah selesai dikerjakan.Galian di Jl MT Haryono telah selesai dikerjakan. (Marteen Ronaldo/detikcom)

Pada Senin (15/11), tampak area jalan MT Haryono sudah rata dari galian pipa air. Tidak terlihat tumpukan tanah dan pembatas dari sepanduk.

Bekas galian sudah ditutup dengan tanah sehingga tidak mengganggu kendaraan atau pejalan kaki yang melintas di lokasi.

(aik/dnu)