Pemerintah Yakin Kekebalan Warga RI Bisa Lawan Anak-Cucu Varian Delta

Tim detikcom - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 16:05 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengunjungi lokasi tes swab antigen di Suramadu sisi Surabaya. Menurutnya, kekompakan Gubernur Jatim, Bupati Bangkalan dan Wali Kota Surabaya bisa mengatasi lonjakan kasus di Bangkalan
Menkes Budi Gunadi (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa varian-varian baru virus Corona yang menyebar saat ini merupakan 'anak dan cucu' varian Delta. Budi mengungkap bahwa kekebalan yang terbentuk di masyarakat lewat vaksinasi ini sudah cukup untuk melawan 'anak dan cucu' varian Delta ini.

"Jadi yang untuk varian baru, memang varian Delta itu kan kodenya B1.617.2. Nah itu sudah punya anak. Anaknya itu depannya pake AY. Ada AY4, AY23, dan AY24. Yang terbanyak di Indonesia adalah anaknya, atau sub variannya AY23 dan AY24. Malah sudah keluar juga cucunya, jadi AY4, keluar cucuknya AY4.2, itu sekarang yang lagi banyak di Inggris disebut bagian Delta Plus," kata Budi dalam konferensi pers, Senin (15/11/2021).

Budi menjelaskan bahwa yang ada di Indonesia saat ini adalah varian AY4, AY23, dan AY24. Sedangkan AY4.2 belum ditemukan di Indonesia.

"Di Indonesia sendiri AY4 sudah ada, AY23 sudah ada, AY24 sudah ada, AY4.2 belum ada," ungkap Budi.

Dia menjelaskan bahwa semua varian ini memiliki mutasi genetik yang mirip. Oleh karena itu, pihaknya yakin bahwa kekebalan yang terbentuk di masyarakat saat ini cukup untuk melawan anak-cucu varian Delta.

"Semua varian Delta, baik orang tuanya, sub variannya anaknya, atau sub-sub variannya cucunya, itu memiliki mutasi genetik yang mirip. Jadi kesimpulan kami sampai sekarang, kalau misalnya ada masuk anaknya atau cucunya Insya Allah harusnya kekebalan yang sudah terbentuk di masyarakat kita masih cukup untuk bisa menanggulangi penyebaran ini," ujarnya.

Simak video 'Bayang-bayang Gelombang Ketiga di Tengah Penurunan Kasus COVID-19 RI':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/imk)