Apa Tujuan ANBK yang Dimulai Hari Ini untuk Siswa SD? Simak Selengkapnya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 15:10 WIB
Apa Tujuan ANBK yang Dimulai Hari Ini untuk Siswa SD? Simak Selengkapnya
Apa Tujuan ANBK yang Dimulai Hari Ini untuk Siswa SD? Simak Selengkapnya (Foto: Ilustrasi / ANTARA FOTO/BASRI MARZUKI)
Jakarta -

Apa tujuan ANBK yang dijalankan mulai hari ini bagi siswa SD? ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Program ANBK merupakan program pemerintah untuk meningkatkan mutu sekolah. Program ANBK diselenggarakan di berbagai sekolah, mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tidak semua murid di sekolah akan mengikuti program ANBK dikarenakan masih dalam keadaan pandemi yang mengharuskan untuk menghindari kerumunan. Responden murid akan dipilih secara acak dengan jumlah maksimal 30 murid SD/MI, 45 murid SMP/MTS, dan 45 murid SMA/SMK/MA.

Kegiatan ANBK terdiri dari:

  • Asesmen Kompetensi Mininum (AKM) Literasi-Numerasi: dilaksanakan oleh murid peserta ANBK
  • Survei Karakter: dilaksanakan oleh murid peserta ANBK
  • Survei Lingkungan Belajar: dilaksanakan oleh murid peserta ANBK, guru, dan kepala sekolah

Berikut informasi lengkapnya seputar apa tujuan ANBK.

Apa Tujuan ANBK: Informasi Perbaikan Kualitas Belajar Mengajar

Dilansir dari situs Kemendikbud, apa tujuan ANBK yang pertama adalah menghasilkan informasi mengenai perbaikan kualitas belajar mengajar di sekolah. Hal ini juga berguna meningkatkan hasil belajar murid.

Apa Tujuan ANBK: Tidak untuk Pemeringkatan Sekolah

Apa tujuan ANBK berikutnya bukan untuk pemeringkatan sekolah, melainkan hanya sebagai perbaikan kurikulum di sekolah-sekolah. Sehingga dapat dipastikan, sekolah-sekolah tidak perlu khawatir dengan pelaksanaan ANBK tersebut.

Apa Tujuan ANBK: Literasi Membaca Bagi Peserta

Apa tujuan ANBK selanjutnya adalah mengetahui literasi membaca para pesertanya. Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah.

Literasi membaca juga untuk mengembangkan kapasitas individu para peserta. Diharapkan, literasi membaca membuat masyarakat dapat berkontribusi secara produktif di lingkungannya.

Apa Tujuan ANBK: Mengetahui Minat Numerasi

Minat numerasi menjadi salah satu jawaban dari apa tujuan ANBK. Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang konteksnya relevan dengan lingkungan masyarakat.

Apa Tujuan ANBK: Survei Karakter

Apa tujuan ANBK berikutnya adalah sebagai survei karakter. Para peserta ANBK mengerjakan soal untuk mendapatkan informasi hasil belajar sosial-emosional. Survei karakter mengukur 6 aspek profil pelajar Pancasila, di antaranya:

  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia
  • Berkebhinekaan global
  • Bergotong royong
  • Mandiri
  • Bernalar kritis
  • Kreatif

Informasi selanjutnya soal apa tujuan ANBK dapat disimak di halaman berikutnya.