Minta Saham Freeport 4 Persen, Warga 3 Kampung Tembagapura Demo Bupati

Saiman - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 12:36 WIB
Warga dari tiga kampung di Tembagapura demo minta saham Freeport
Warga dari tiga kampung di Tembagapura demo minta saham Freeport (Saiman/detikcom)
Timika -

Ratusan warga di Tembagapura yang mengaku sebagai pemilik hak sulung atas area tambang emas Freeport dari tiga kampung Tsinga, Wa Banti, Arwanop melakukan aksi demo di kantor pemerintahan Bupati Mimika, Papua. Mereka meminta saham Freeport 4 persen.

Massa yang tergabung dalam Forum Pemilik Hak Sulung (FPHS) itu menggelar aksi pada Senin (15/11/2021). Mereka menuntut pembagian saham sebesar 4 persen dari saham yang diakuisisi Freeport Indonesia sebesar 51.23 persen. Dari 51 persen, pemerintah daerah Papua kebagian 10 persen. Dari 10 persen itu, FPHS meminta bagian sebesar 4 Persen.

Yafet Manga Beanal mengatakan warganya dari tiga kampung pemilik hak sulung pemilik dan hak ulayat yang kawasannya digunakan sebagai area tambang Freeport. Mereka meminta bagian dari saham tersebut sebesar 4 persen karena disebut merupakan hak warga tiga kampung itu.

"Kami satu-satunya pemilik hak sulung tiga kampung pemilik gunung emas, kami minta bagian 4 persen, kalau tidak kami akan tutup Freeport ," kata Yapet dalam orasinya di Kantor Bupati Mimika.

Hingga pukul 13.15 WIT, aksi masih berlangsung. Warga belum ditemui oleh bupati.

(idh/tor)