Kecewa, Gubernur NTB Ungkap Sebab Balap ATC Sirkuit Mandalika Ditunda

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 11:15 WIB
Pengecatan lintasan sirkuit Mandalika telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Pengecatan itu membuat lintasan sirkuit Mandalika makin keren. Penasaran?
Foto: Sirkuir Mandalika. (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)
Mataram -

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengungkap penyebab Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah batal menggelar race Asia Talent Cup (ATC) pada Minggu (14/11) kemarin. Balapan ditunda hingga pekan depan karena belum siapnya standar dan jumlah Marshal.

"Tertundanya race ATC kemarin tentu mengecewakan kita yang sudah kadung berada di tengah-tengah arena. Tapi demi keselamatan pembalap race ATC ditunda minggu depan bersamaan dengan penyelenggaraan WSBK," kata Zul melalui akun Instagram miliknya @zulkieflimansyah seperti dilihat detikcom, Senin (15/11/2021).

"Disampaikan kemarin tertundanya race atau balapan karena belum siapnya standard dan jumlah Marshal kita sesuai dengan standard yang seharusnya," lanjutnya.

Zul mengatakan tertundanya balapan ATC bukan karena para Marshal semata, tapi juga ada pada penyelenggara. Persiapan yang terbatas dan masalah komunikasi dengan penyelenggara juga disebut salah satunya.

"Para Marshal ini adalah putra-putra daerah kita yang sebenarnya bersemangat untuk mensukseskan acara kita ini. Kesediaan mereka untuk menjadi Marshal bukan karena pertimbangan-pertimbangan finansial tapi semata karena ingin berkontribusi dan membuat sejarah di tempat kita sendiri. Ada rasa bangga dapat mengambil bagian di event yang luar biasa ini," jelasnya.

Zul berjanji akan memfasilitasi komunikasi antara para Marshal dengan penyelenggara. Sehingga kesalahpahaman bisa diluruskan dan dijadikan perbaikan untuk penyelenggaraan ajang utama di Sirkuit Mandalika, yakni World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

"Kalau masih ada kekurangan-kekurangan dan ketidaksempurnaan adalah sesuatu hal yang wajar. Ini hal baru buat kita dan daerah kita," tuturnya.

Zul lalu menjelaskan kenapa para Marshal dalam ajang ini harus berasal dari putra daerah.

"Sebagaimana sering saya katakan, perjalanan panjang selalu harus dimulai dengan langkah pertama. Memberdayakan masyarakat lokal untuk berpartisipasi sebagai Marshal adalah langkah awal yang sudah sangat tepat. Kalau masih ada yang kurang-kurang manusiawilah. Ayo terus saling memperbaiki untuk menempuh perjalanan panjang ke depan secara lebih baik," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sirkuit Mandalika batal menggelar race Asia Talent Cup (ATC) pada Minggu (14/11) dan dijadwalkan ulang pada minggu depan berbarengan dengan penyelenggaraan World Superbike (WSBK) Mandalika.

Penundaan balap IATC dikonfirmasi langsung oleh pihak Idemitsu Asia Talent Cup melalui situs resminya. Dikatakan bahwa balapan yang sedianya bakal diselenggarakan Minggu 14 November, telah dijadwalkan ulang untuk berlangsung pada akhir pekan depan.

(nvl/idh)