Kunker ke Inggris, Wakil Ketua DPD Jajaki Peluang Ekspor Rempah

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 14 Nov 2021 14:55 WIB
Wakil ketua DPD RI Sultan B Najamudin bersama beberapa kolega senator memenuhi undangan Wali Kota Southampton, Inggris pada Rabu (10/11).
Foto: Dok. DPD RI
Jakarta -

Wakil ketua DPD RI Sultan B Najamudin bersama beberapa kolega senator memenuhi undangan Wali Kota Southampton, Inggris pada Rabu (10/11). Pada kunjungan kerja (kunker) tersebut, Sultan dan para senator menjajaki peluang kerja sama ekspor produk RI ke Southampton.

Kedatangan Sultan dan rombongan disambut oleh mayor of Southampton John Slade dan Wali Kota Councillor Daniel Fitzhenry, pejabat setingkat gubernur, ketua KADIN, kepala otoritas pelabuhan dan beberapa pengusaha. Upacara penyambutan kecil secara kenegaraan tersebut ditandai dengan pengibaran bendera merah putih oleh otoritas Southampton.

Selanjutnya rombongan DPD RI serta sejumlah pejabat Southampton melakukan dialog dan diskusi intensif terkait masa depan ekonomi global pascapandemi. Termasuk pula membahas peluang kerja sama dagang dan bisnis antara kedua pihak.

"Dalam suasana ketidakpastian global seperti saat ini, Indonesia memiliki posisi tawar dan daya tarik tersendiri bagi negara-negara maju. Maka Selain berupaya membuka peluang kerja sama bisnis, ini merupakan cara kita berdiplomasi dan turut serta dalam upaya mewujudkan ketertiban dunia, di atas prinsip-prinsip kemanusiaan," terang Sultan dalam keterangan tertulis, Minggu (14/11/2021).

Mantan ketua HIPMI bengkulu itu mengulas Inggris saat ini sedang dilanda krisis energi, pangan dan jasa pasca memutuskan untuk berpisah dari Uni Eropa. Hal tersebut menurutnya menjadi peluang tersendiri bagi Indonesia untuk menyuplai produk unggulan seperti rempah.

"Mereka sudah bersedia untuk menyiapkan satu tempat khusus bagi Indonesia dalam Southampton Bisnis Expo yang akan diselenggarakan pada Juni mendatang, karena mereka membutuhkan banyak produk pertanian Indonesia seperti rempah-rempah dan kopi," sebut Sultan.

Pada pertemuan tersebut, Sultan bersama rombongan diajak untuk melihat langsung aktivitas bongkar muat di Southampton Port, yang merupakan pelabuhan terbesar Inggris dan menjadi salah satu pelabuhan terbaik dan terpadat di dunia saat ini.

Kedatangan Sultan yang ditemani oleh senator Ema Yohana, Dedy Iskandar Batu Bara, Evi Zaenal, Denty, Darmansyah Husein, Mambero dan Intsiawati Ayus bersama Wali Kota Southampton di sambut langsung oleh kepala otoritas pelabuhan dan kemudian dilanjutkan dengan jamuan makan siang dan diskusi ringan bersama tuan rumah dan beberapa pengusaha.

"Kota Southamton adalah pintu masuk paling besar bagi produk-produk luar ke UK. Selain membutuhkan bahan pangan dan rempah, mereka juga butuh banyak pekerja di pelabuhan," imbuh Sultan.

Dalam kunjungan luar negeri kali ini, Sultan menyatakan dirinya bersama rombongan anggota DPD RI lainnya memanfaatkan setiap kesempatan untuk membuka peluang-peluang diplomatik dengan semua stakeholder di negara-negara sahabat.

(akd/ega)