Menhan Prabowo Hadiri Peringatan Remembrance Sunday, Ini Pidatonya

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 14 Nov 2021 11:40 WIB
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mewakili pemerintah Indonesia menghadiri Remembrance Sunday di TPU Menteng Pulo. Remembrance Sunday dilakukan oleh Inggris untuk mengenang kontribusi militer dan warga sipil Inggris serta negara-negara persemakmuran pada Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Peringatan Remembrance Sunday dilakukan di TPU Menteng Pulo dan dihadiri oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste. Turut mendampingi Menhan Prabowo pada kesempatan tersebut jajaran dari TNI, para Atase Pertahanan dari negara sahabat, termasuk Australia, Canada, Brunei, Malaysia, Papua Nugini, Singapura, Selandia Baru, India, Pakistan, dan Solomon Island.

Remembrance Sunday diperingati setiap minggu kedua November setiap tahun. Tradisi RS juga diikuti dengan pemakaian bunga poppies sebagai penghormatan dari tradisi ini. Pemakaian bunga poppies dikenakan dari tanggal 2 November hingga selesai upacara Remembrance Sunday.

Menhan Prabowo mengatakan bahwa kehadirannya merupakan bentuk penghormatan kepada para prajurit yang berkorban, meski Indonesia dan Inggris pernah berkonflik di masa lalu.

"Kita hormati para prajurit dari negara-negara sahabat yang dalam pengabdiannya telah gugur, ini tradisi militer, kita hormati semua prajurit," kata Prabowo dalam keterangannya, Minggu (14/11/2021).

Prabowo menghormati pengorbanan para prajurit dan berharap masa depan dunia dalam kedamaian.

"Kita pernah bahkan berlawanan sama beberapa negara, tapi masa lalu adalah masa lalu dan kita tetap menghormati pengorbanan mereka dan kita berdoa untuk mendapatkan masa depan dan perdamaian yang lebih baik," ujarnya.

(yld/gbr)