Tangki di Cilacap Kebakaran, Pertamina Evakuasi Warga Sekitar

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 21:35 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi (Foto: dok. Thinkstock)
Jakarta -

Tangki Pertamina di kilang Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), terbakar. Pertamina akan melakukan evakuasi warga yang tinggal di sekitar lokasi.

"Pertamina saat ini juga tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman. Untuk masyarakat yang berlokasi di area terdekat dengan lokasi, akan dilakukan evakuasi untuk memindahkan masyarakat ke area yang lebih aman," ujar Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/11/2021).

Ifki mengatakan saat ini pihaknya tengah berusaha memadamkan api. Pemadaman dilakukan pada tangki yang terbakar, sedangkan tangki lain di sekitarnya dilakukan pendinginan agar kebakaran tidak merambat.

"Upaya pemadaman dilakukan secara intensif dengan menggunakan high capacity foam monitor pada tangki yang terbakar, sedangkan untuk tangki di sekitar dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah merambatnya kebakaran," kata Ifki.

Dia juga mengatakan akan memastikan pasokan BBM dan elpiji, sehingga tidak terjadi gangguan dalam distribusi.

"Saat ini, Pertamina juga memastikan pasokan BBM dan elpiji ke masyarakat dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan," tuturnya.

Diketahui kebakaran tangki 36T102 itu terjadi pada pukul 19.15 WIB. Dilaporkan, tangki 36T102 berisi Pertalite dengan level tangki 15,9 meter versus maximal level 20 meter atau sekitar volume 31 ribu kiloliter versus maximal 39 ribu kiloliter.

Kebakaran terjadi saat hujan deras disertai petir. Belum diketahui penyebab kebakaran.

(dwia/jbr)