Jokowi Tanam Pohon di NTB: Pelihara agar Tidak Longsor, Tidak Banjir

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 10:10 WIB
Presiden Jokowi menanam pohon kayu putih dan buah-buahan di Gunung Pepe, NTB. Dia berpesan pohon dipelihara untuk mencegah longsor dan banjir. (dok BPMI Setpres)
Presiden Jokowi menanam pohon kayu putih dan buah-buahan di Gunung Pepe, NTB. Dia berpesan pohon dipelihara untuk mencegah longsor dan banjir. (Foto: dok. BPMI Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanam pohon kayu putih dan buah-buahan di Gunung Pepe, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jokowi berpesan kepada masyarakat untuk memelihara pohon-pohon yang ditanam agar ke depan tidak terjadi longsor dan banjir.

"Saya pesan ke masyarakat agar yang sudah ditanam ini dipelihara, dijaga, agar nantinya semuanya tumbuh dengan baik dan memberikan dampak ekonomi kepada seluruh masyarakat yang ada di sekitar Gunung Pepe ini," kata Jokowi berdasarkan keterangan pers dari Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden, Sabtu (13/11/2021).

Penanaman sejumlah pohon ini dilakukan pada hari kedua kunjungan kerja di NTB. Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Penanaman pohon dilakukan Jokowi bersama masyarakat di kawasan hutan Gunung Pepe Kelompok Hutan Mareje Bonga dan Gunung Pepe RTK 13 Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Jokowi mengatakan pemeliharaan hutan yang dilakukan masyarakat akan lebih baik hasilnya. Selain itu, keberadaan hutan punya manfaat bagi manusia dan lingkungan.

Presiden Jokowi menanam pohon kayu putih dan buah-buahan di Gunung Pepe, NTB. Dia berpesan pohon dipelihara untuk mencegah longsor dan banjir. (dok BPMI Setpres)Jokowi berpesan pohon dipelihara untuk mencegah longsor dan banjir. (Foto: dok. BPMI Setpres)

"Dan (memelihara hutan) juga untuk menjaga lingkungan kita agar tidak longsor, tidak banjir. Sehingga tadi saya minta ini benar-benar dipelihara, karena masih musim hujan, sangat bagus untuk menanam," kata dia.

Dalam video dari BPMI Setpres, tampak Jokowi memegang sekop saat menanam pohon kayu putih. Tampak Zulkieflimansyah menyirami pohon yang ditanam Jokowi.

Di sekitar lokasi, tampak masyarakat yang terdiri atas ibu-ibu dan bapak-bapak juga menanam pohon. Tampak juga ada anak-anak yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Jokowi Bertolak ke Papua

Setelah kegiatan menanam, Jokowi bersama rombongan menuju Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid untuk bertolak ke Papua. Jokowi akan lepas landas menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 08.30 Wita.

Jokowi diagendakan menyaksikan sejumlah pertandingan yang tengah berlangsung di Gelanggang Olahraga (GOR) Trikora dan GOR Cenderawasih, Kota Jayapura. Malam harinya, Jokowi akan menutup Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua Tahun 2021 yang digelar di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

Jokowi akan bermalam di Kota Jayapura sebelum kembali ke Jakarta pada Minggu (14/11).

Dalam kunjungan kerja ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Deputi BPMI Setpres Bey Machmudin, serta Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia.

(jbr/bar)