Jadi Warga Kehormatan, Prabowo Puji Dankor Brimob 'Komandan Harimau'

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 23:29 WIB
Menhan Prabowo Subianto dianugerahi gelar warga kehormatan Korps Brimob Polri oleh Dankor Brimob Polri, Irjen Anang Revandoko.
Menhan Prabowo Subianto (Foto: dok. Brimob Polri)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dianugerahi gelar warga kehormatan oleh Korps Brimob Polri. Prabowo pun merasa bangga bahwa Indonesia memiliki Korps Brimob yang tangguh dan disiplin.

Penganugerahan gelar kehormatan untuk Prabowo disematkan langsung oleh Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) Polri Irjen Anang Revandoko di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Gelar warga kehormatan Korps Brimob untuk Prabowo merupakan wujud terima kasih Korps Brimob Polri atas dedikasi Prabowo kala menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus).

Prabowo kala itu mengikutsertakan 128 personel Korps Brimob yang diberi nama Kompi Pemburu dan bertugas di Timor-timur hingga Aceh. Apa yang dilakukan Prabowo saat itu dinilai memberikan efek semangat patriotisme terhadap pasukan Korps Brimob Polri hingga terus berkembang, bahkan melegenda.

"Hari ini saya besar hati karena saya melihat bahwa negara kita punya Korps Brigade Mobil yang sangat terampil, sangat disiplin, dan semangat," ujar Prabowo dalam sambutannya, di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Jumat (12/11/2021).

Prabowo mengatakan suatu pasukan dilihat dari sosok pemimpinnya. Dia lantas melempar pujian untuk Irjen Anang Revandoko.

"Dalam sejarah manusia, sepanjang beberapa abad, dikatakan kalau mau lihat kehebatan satu pasukan, lihatlah komandannya. Kalau komandannya lesu, kalau komandannya malas, kalau komandannya ele-elean, kalau komandannya penakut, anak buahnya biasanya ikut-ikut seperti itu," ucap Prabowo.

"Tapi hari ini saya lihat komandan kalian, harimau!" sambungnya.

Sementara itu, Anang menyebut Prabowo telah mewariskan semangat patriotisme kepada Korps Brimob Polri. Anang mengatakan semangat pasukan yang didik Prabowo hingga kini melegenda.

"Sampai sekarang Bapak, jiwa pemburu, jiwa patriotisme anggota Brimob yang bapak bentuk sangat melegenda di Brimob," kata Anang.

Lebih lanjut, Anang berharap pasukan Korps Brimob bisa belajar menjadi petarung sejati lewat pelatihan-pelatihan yang ada. Dengan begitu, generasi muda pasukan Korps Brimob dapat menjadi garda terdepan dalam penanganan aksi-aksi yang membahayakan negara.

"Kami berharap sekali, kalau dulu satu kompi kami belajar menjadi seorang petarung sejati di kopassus atau dilain, mungkin bapak selaku menteri pertahanan bisa memberikan kami ruang lagi pelatihan untuk generasi muda kami lagi, yang menjadi garda terdepan dalam penanganan kelompok-kelompok kriminal bersenjata dan terorisme," tukas Anang.

Dalam kesempatan itu, Anang sempat mengajak Prabowo melihat atraksi Detasemen Penindak tentang peningkatan kemampuan perang kota atau urban warfare dan perlawanan teror. Adapun penganugerahan ini dalam rangka menjelang HUT ke-76 Brimob Polri.

Kegiatan juga dihadiri total 43.800 anggota Korps Brimob Polri secara virtual. Kemudian, kegiatan ditutup dengan Anang dan Prabowo yang saling bertukar cendera mata.

(fas/knv)