Detik-detik SBY Dioperasi Kanker Prostat, AHY Pimpin Doa di AS

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 12:08 WIB
SBY sebagai keynote speaker di HUT SMA 1 Pacitan
Foto: SBY (Tangkapan layar)
Jakarta -

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah selesai menjalani operasi kanker prostat. SBY menjalani operasi di Mayo Clinic didampingi kedua anaknya, Ibas dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dalam video yang diterima, tampak SBY tiba di Mayo Clinic, Amerika Serikat, Jumat (12/11/2021),pukul 05.30 waktu setempat. SBY yang mengenakan jas abu-abu dan syal biru tua beserta Ibas dan AHY tampak diminta untuk menunggu oleh pihak klinik setibanya di lokasi.

SBY disebut didampingi oleh keluarga dan tim dokter saat melaksanakan tindakan praoperasi. Sekitar pukul 07.45 waktu setempat, SBY pun melaksanakan tindakan operasi.

"Insyaallah, 07.30 atau paling lambat 07.45 bisa diambil tindakan, jadi kita akan nunggu perkembangannya melalui teks yang akan dikirim ke Josef ataupun Mas Ibas dan kita akan diberitahu juga," kata AHY di Mayo Clinic.

Sesaat sebelum operasi SBY, AHY memimpin doa agar operasi berjalan lancar. Dia memohon doa agar operasi ayahnya berjalan dengan lancar.

"Mudah-mudahan berjalan lancar, dan diberikan kekuatan bapak serta tim dokternya, semua diberikan kemudahan dan kelancaran sehingga hasil yang terbaik dan benar benar bisa menghilangkan segala penyakit yang ada di dalam tubuh bapak. Untuk yang beragama Islam mari kita membaca Alfatihah, yang non-Islam dimohon menyesuaikan, Alfatihah," kata dia.

AHY dan Ibas didampingi para istrinya pun menunggu proses operasi SBY. Lalu kemudian, sekitar pukul 10.00 waktu setempat, Ibas tiba-tiba mendapatkan kabar bahwa SBY telah selesai menjalani operasi.

"Alhamdulilah lancar semuanya, keluarga bisa ke sana, saat ini tidak ada komplikasi nggak ada apa-apa," ujar Ibas.

Pihak keluarga pun saat itu langsung menghampiri ruangan pemulihan SBY. Lalu sekitar pukul 12.00 waktu setempat, SBY dibawa dengan ambulans dari ruang operasi menuju ke ruang perawatan pasca-operasi di RS St Marys Mayo Clinic.

Simak video 'AHY Dampingi SBY Berobat di AS: Alhamdulillah Bapak dalam Kondisi Stabil':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/gbr)