Menag Minta Penggunaan Toa di Masjid Harus Pentingkan Kenyamanan Bersama

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 15:31 WIB
Jakarta -

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut penggunaan pengeras suara atau toa di masjid harus mempertimbangkan aspek kenyamanan bersama. Sebab, memperdengarkan suara azan atau lantunan ayat suci harus senantiasa membawa pada kebaikan.

"Tapi ada satu hal yang tidak kalah penting agar penggunaan pengeras suara ini benar-benar bisa mempertimbangkan aspek kenyamanan bersama, karena kita masyarakat kita hidup dalam masyarakat yang memang beradab," kata Yaqut dalam video conference, Kamis (11/11/2021).

Lalu, Yaqut berbicara pentingnya ulama terkait penggunaan pengeras suara di masjid ini. Dia ingin agar ulama memberikan pengetahuan kepada pengelola masjid perihal pentingnya menggunakan pengeras suara secara bijaksana.

"Peran para ulama menjadi sangat penting untuk memberikan insight atau wawasan yang lebih luas kepada para pengelola masjid dan musala supaya lebih bijaksana dalam menggunakan pengeras suara," ucapnya.

"Agar apa, kenyamanan bersama ini tetap bisa dijaga, tapi di saat yang sama syiar dan menjadikan apa... pengeras suaranya sebagai wasilah. Untuk dakwah kita ini juga bisa dijalankan secara bersama," sambungnya.

Selain itu, Yaqut berterima kasih atas nama pemerintah. Menurutnya, dalam Ijtima Ulama kali ini mereka memutuskan membuat pedoman pengeras suara untuk masjid-masjid di seluruh Indonesia.