Pekan Kehumasan MPR Hadirkan Lomba Karya Tulis hingga Pameran Foto

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 14:30 WIB
Maruf Cahyono
Foto: MPR
Jakarta -

Setjen MPR RI Ma'ruf Cahyono menghadiri puncak acara Pekan Kehumasan MPR di Lobby Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (10/11). Digelar 8-11 November 2021, Ma'ruf mengatakan acara ini merupakan ruang untuk menstimulasi dan melihat kembali tugas-tugas kehumasan.

Dalam Pekan Kehumasan, Ma'ruf mengatakan pihaknya menggelar berbagai pameran, seperti foto, Perpustakaan MPR, dan PPID. Ada pula lomba karya tulis, lomba foto, dan launching Buku Digital MPR dan novel 'Meraih Mimpi'.

"Dalam bidang kehumasan banyak stakeholder yang terlibat. Salah satu di antaranya disebut jurnalistik atau wartawan. Untuk itulah kegiatan ini diakui dekat dengan bidang jurnalistik," ujar Ma'ruf dalam keterangannya, Kamis (11/11/2021).

Terkait kehumasan, Ma'ruf menjelaskan bidang ini banyak terkait dengan penyebaran informasi langsung atau tidak langsung. Ia berharap kehumasan tak hanya dapat menyebarkan informasi soal kabar dan berita, namun juga mampu mengedukasi.

Oleh karena itu, pihaknya menghadirkan lomba-lomba yang menyisipkan pesan dan ajakan untuk meningkatkan literasi.

"Pekan Kehumasan diharap tak hanya memberi informasi namun juga diharap mampu memberi edukasi," katanya.

"Harapan saya literasi menjadi stimulant dan edukasi bagi dunia kehumasan. Semua itu penting dilakukan agar kelak bermuara membangun kepercayaan kepada masyarakat. Ini orientasi paling penting," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf mengucapkan terima kasih bagi masyarakat yang telah datang ke acara Pekan Kehumasan. Dengan kehadiran mereka, komplek parlemen ini diharap dapat memberi kesadaran terhadap kerja MPR tidak hanya pada masalah ketatanegaraan, namun juga pada masalah yang lain.

"Datang ke gedung ini merupakan tempat pembelajaran tepat tentang MPR," ungkapnya.

Di kesempatan tersebut, Ma'ruf juga menjelaskan soal tugas MPR, salah satunya merawat nilai-nilai kebangsaan melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR. Untuk itu, Ma'ruf mengajak seluruh pihak untuk menjaga pondasi bangsa Indonesia agar tetap berdiri kokoh.

"Fondasi bangsa kita adalah Pancasila. Nilai-nilai tersebut perlu diinternalisasikan kepada seluruh elemen masyarakat dengan berbagai cara," tutupnya.

Sebagai informasi, hadir dalam puncak acara Pekan Kehumasan, Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR, Siti Fauziah, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Setjen MPR, Budi Muliawan, serta ratusan peserta yang terdiri dari pecinta buku, wartawan, dan masyarakat lainnya.

(ncm/ega)