Polisi Periksa Eks Pj Walkot Makassar Iqbal Terkait Dugaan Korupsi Bansos

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 12:50 WIB
Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb
Mantan Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb. (Noval/detikcom)
Makassar -

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) memeriksa mantan Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb terkait dugaan kasus korupsi dana bantuan sosial (Bansos) COVID-19. Iqbal diperiksa sebagai saksi.

"Saat ini sementara diperiksa di kantor," kata Kepala Subdit Tipikor III Polda Sulsel Kompol Fadli saat dikonfirmasi, Kamis (11/11/2021).

Fadli mengatakan Iqbal diperiksa dengan status saksi. Pemeriksaan kepada Iqbal dilakukan karena dirinya saat itu menjabat Pj Wali Kota Makassar saat dana ini digulirkan. "Statusnya sebagai saksi ya," terang dia.

Hingga saat ini, polisi belum menetapkan tersangka terkait dugaan korupsi bansos COVID-19. Pihak Kepolisian masih menunggu hasil audit yang dilakukan oleh BPK di Kantor Dinsos Makassar.

Penyelidikan kasus dugaan korupsi dana bansos bagi warga terdampak pandemi COVID-19 di Kota Makassar mulai bergulir pada Mei 2020. Status kasus ini kemudian naik ke tingkat penyidikan pada Desember 2020.

Pada proses penyidikan, polisi telah memeriksa puluhan saksi, termasuk saksi ahli dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI hingga eks Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Makassar Mukhtar Tahir.

Dalam proses penyidikannya, penyidik menemukan adanya bantuan sembako yang ditinggikan harganya. Selain itu, penyidik menemukan adanya makanan dari pabrik, yang oleh saksi ahli Kemensos disebut 'ilegal' dijadikan bantuan sembako kepada warga terdampak COVID-19.

Terakhir, penyidik juga menemukan adanya monopoli penyuplai bantuan sembako kepada warga Makassar terdampak pandemi.

(nvl/nvl)