ADVERTISEMENT

Bareskrim Ungkap Penghentian Kasus Sadikin Aksa Berawal dari Perdamaian

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 10:09 WIB
Sadikin Aksa
Sadikin Aksa (Foto: SA1IMI)
Jakarta -

Bareskrim Polri menghentikan penyidikan kasus yang menyeret nama mantan Dirut PT Bosowa Corporindo Sadikin Aksa, yang diduga mengabaikan perintah tertulis dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Polisi mengungkap alasan kasus tersebut disetop.

"Dalam SP2HP (surat pemberitahuan perkembangan hasil penyidikan) tertulis tidak cukup bukti. Iya (status tersangka Sadikin Aksa sudah gugur)," ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan saat dimintai konfirmasi, Kamis (11/11/2021).

Terpisah, Kasubdit II Dittipideksus Bareskrim Kombes Candra Sukma Kumara mengatakan pihak yang terlibat dalam kasus itu sudah berdamai. Bareskrim pun menerima kesepakatan perdamaian itu.

"Kasus tersebut dihentikan karena berbagai pihak, baik dari Bosowa maupun KB Kookmin, sudah mencapai kesepakatan damai. Dan kita ditembusi kesepakatan tersebut," kata Candra.

Candra menjelaskan kesepakatan perdamaian itu tidak melibatkan penyidik dari Bareskrim. Dia menyebut penghentian penyidikan terhadap Sadikin Aksa, yang juga keponakan mantan wakil presiden Jusuf Kalla, itu dilakukan pada September 2021.

"(Perdamaian) di antara mereka saja. Tanggal saya lupa, tapi sekitar bulan September," ucapnya.

Diketahui, dalam surat SP3 yang beredar, penghentian kasus Sadikin Aksa tertuang dalam surat nomor B/675/IX/RES.1.24./2021/DITTIPIDEKSUS tentang Pemberitahuan Penghentian Penyidikan (SP3). Surat itu ditandatangani Dirtipideksus Brigjen Helmy Santika (sekarang Sahlijemen Kapolri) pada 15 September 2021.

Sementara itu, pengacara Sadikin Aksa, Agus Salim, menyebut salah satu alasan penghentian penyidikan. Menurutnya, penyidikan dihentikan karena kurang bukti.

"Betul, sudah terbit SP3 terkait laporan dugaan tindak pidana dengan sengaja mengabaikan perintah tertulis OJK. Alasan penghentian penyidikan adalah kurang cukup bukti," ucap Agus dalam keterangannya.

"Harapannya ya kegiatan keseharian Pak Sadikin bisa berjalan dengan baik tanpa ada beban terkait hal yang dipersoalkan tersebut. Lebih umumnya pada Bosowa sebagai entitas badan usaha akan lebih konsentrasi lagi dalam menjalankan usaha, termasuk kerja sama dengan pihak Kookmin," imbuhnya.

Simak video 'Tersangka Kasus Abaikan OJK Sadikin Aksa Batal Penuhi Panggilan Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT