detikcom Do Your Magic

detikcom do Your Magic: Sebab Parkir Liar Bikin Macet Depan Mal Panakkukang

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 09:19 WIB
Parki liar bikin macet di depan Mal Panakkukang Makassar. (Hermawan/detikcom)
Foto: Parki liar bikin macet di depan Mal Panakkukang Makassar. (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar selaku pengelola parkir di kawasan Jalan Boulevard-Pengayoman angkat bicara terkait parkir liar bikin macet parah di depan Mal Panakkukang (MP). Sebabnya, Mal Panakkukang tidak memberikan fasilitas umum untuk ojek online dan taksi online yang hendak menjemput penumpang dari mal.

"MP dan perusahaan ojol itu tidak boleh menutup mata, karena sebab utama sehingga orang banyak parkir di tepi jalan (Boulevard) itu karena MP tidak menyiapkan lahan area untuk para ojol yang menuggu pengunjung atau pembeli di kawasan MP," kata Direktur Operasional PD Parkir Makassar, Susuman Halim kepada detikcom, Kamis (11/11/2021).

Parki liar bikin macet di depan Mal Panakkukang Makassar. (Hermawan/detikcom)Foto: Parki liar bikin macet di depan Mal Panakkukang Makassar. (Hermawan/detikcom)

Pria yang akrab disapa Sugali ini meminta MP memberikan sebagian lahan parkir miliknya menjadi fasilitas umum untuk para pengemudi ojek oline dan taksi online yang hendak menjemput penumpang dari MP. Perusahaan ojek dan taksi online juga diminta mencari solusi bersama MP.

"Jika kita lihat mal-mal di kota besar itu disiapkan kawasan free parkir orang (pengemudi ojek-taksi onilne) untuk ngetem," katanya.

Sugali lantas mengungkap jika MP sebenarnya memiliki lahan parkir yang sangat luas. Jika sebagian lahan itu diberikan khusus untuk ojol dan taksi online, maka tidak ada lagi yang parkir di badan Jalan Boulevard depan MP.

Parki liar bikin macet di depan Mal Panakkukang Makassar. (Hermawan/detikcom)Foto: Parki liar bikin macet di depan Mal Panakkukang Makassar. (Hermawan/detikcom)

Dia menjelaskan, pihak MP bisa mendesain agar para pengemudi ojol dan taksi online yang menungu orderan penumpang hingga orderan makanan bisa dibuat satu arah, yakni masuk dari Jalan Pengayoman Makassar. Sugali percaya para driver ojol bisa disiplin jika ada area khusus yang disiapkan untuk mereka.

"Sebenarnya kunci masalahnya adalah pihak MP dan stakeholder itu kira-kira teman dari ojol khususnya perusahaan jasa apakah itu Grab, Maxim, Gojek untuk duduk bersama dan bikin komitmen, jangan jadikan yang depan MP itu sebagai lahan ngetem," tutur Susuman.

Diberitakan sebelumnya, parkir liar yang berada di Jalan Boulevard depan Mal Panakkukang memang kian meresahkan. Parkir liar di kawasan itu menyebabkan kemacetan cukup parah saat jam sibuk.

Pantauan detikcom di Jalan Boulevard, tepatnya di depan Mal Panakkukang, Makassar, Rabu (10/11), pukul 17.00 Wita, tampak kemacetan cukup parah terjadi. Sahut-sahutan klakson kendaraan akibat macet terdengar tanpa henti.

Sementara itu, di badan jalan tampak barisan sepeda motor yang terparkir. Ada juga mobil yang parkir sembari menunggu penumpang keluar dari mal.

Kondisi parkir liar kemudian menyebabkan kemacetan parah, terutama pada saat jam pulang kerja. Sebagian motor diparkir liar itu merupakan milik driver ojek online (ojol) yang tengah menunggu orderan di sekitar perbelanjaan alias mal.

Lihat juga video 'Bolehkah Fasos/Fasum Jadi Parkir Liar?':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/dnu)