Menkominfo Sebut Masyarakat Bisa Jadi Pahlawan dengan Disiplin Prokes

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 22:08 WIB
Menkominfo
Foto: Dok. Kemkominfo
Jakarta -

Pemerintah mengajak masyarakat mengambil inspirasi dari ketangguhan dan semangat para pahlawan untuk diimplementasikan dalam situasi yang tengah dihadapi Indonesia saat ini, yakni Pandemi COVID-19. Masyarakat dapat menjadi pahlawan bagi bangsa dengan disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi agar Indonesia bebas pandemi.

"Meneladani mereka yang berjuang demi bangsa dan negara, kami mengajak masyarakat mengambil inspirasi dari ketangguhan dan semangat para pahlawan untuk diimplementasikan dalam situasi yang tengah dihadapi Indonesia saat ini yakni pandemi COVID-19," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam keterangan tertulis, Rabu (10/11/2021).

Ia menyebutkan dalam situasi seperti saat ini masyarakat dapat menjadi pahlawan bagi bangsa dengan disiplin protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi, baik bagi diri sendiri maupun memotivasi orang sekitar melakukannya.

"Dengan sadar untuk selalu menerapkan prokes dan segera melakukan vaksinasi, kita bisa menjadi pahlawan untuk orang banyak. Karena dari dua cara sederhana itu, kita juga sudah dapat menyelamatkan nyawa orang lain," jelas Menkominfo.

Johnny mengungkapkan jika melihat data dari covid19.go.id, per 7 November 2021, ditemukan 91,48% orang yang dipantau sudah patuh dalam menjaga jarak dan menghindari kerumunan dan 92,9% orang yang dipantau patuh dalam memakai masker.

Terdapat beberapa area yang perlu ditingkatkan kepatuhan dalam memakai masker dan menjaga jarak yakni restoran/kedai, rumah, tempat wisata, tempat olahraga publik/RPTRA dan tempat ibadah.

Sedangkan untuk vaksinasi, kini angka 60% telah terlampaui. Target vaksinasi 70% harus terus dikejar hingga akhir tahun secara merata, termasuk capaian vaksinasi bagi kelompok rentan yang masih harus ditingkatkan.

"Mari kita menjadi pahlawan bagi lingkungan sekitar dan bagi Indonesia, dengan cara tetap patuh disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi. Bersama kita lawan pandemi," tutup Johnny.

(akd/ega)