Bidan Dara, Mitra Usaha Mapan Sukses Edukasi COVID ke 19.000 Followers

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 21:32 WIB
young Asian doctor, dressed in anti-virus clothing, sits on the floor tired and uses a smartphone to make a video call to his family. corona virus concept.
Ilsutrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/12521104
Jakarta -

Bidan Dara merupakan seorang bidan yang bekerja di RSU Pandeglang. Di masa pandemi ini, sebagai tenaga kesehatan, Bidan Dara juga diperbantukan untuk menjadi garda terdepan melawan COVID-19.

Ia pun juga kerap membagikan informasi tentang pandemi melalui akun media sosialnya seperti TikTok yang memiliki 19 ribu followers agar masyarakat bisa sama-sama melawan pandemi ini bersama. Bidan Dara yang juga anggota Arisan Mapan sadar banyak Mitra Usaha Mapan yang mengikuti konten-konten yang ia buat, sehingga bisa ikut mengedukasi mereka juga.

Meski kasus berkurang, namun pandemi juga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat di sekitar tempat tinggal bidan dara. Bidan Dara pun memutuskan untuk aktif sebagai Mitra Usaha Mapan dan membantu ratusan ibu rumah tangga di sekitarnya untuk mendapatkan barang kebutuhan. Bahkan belasan dari mereka kini juga juga secara aktif ikut serta dalam menjadi Mitra Usaha Mapan.

Bersama Mapan dan konten yang dibuat di sosmed, bidan Dara berusaha mengedukasi pentingnya informasi yang benar terkait COVID-19 serta cara untuk menambah penghasilan melalui Mapan. Dengan kedua hal itu, ia berharap Mitra Usaha Mapan dan follower bisa menerima manfaat sebaiknya secara kesehatan dan penghasilan.

"Saya berusaha mengedukasi pentingnya informasi yang benar terkait COVID-19 serta cara untuk menambah penghasilan melalui Mapan. Dengan kedua hal ini saya harap Mitra Usaha Mapan dan follower saya bisa menerima manfaat sebaiknya secara kesehatan dan penghasilan," ujar Bidan Dara dalam keterangan tertulis GoPay, Jumat (5/11/2021).

Bidan Dara juga memanfaatkan GoPay untuk alat pembayaran arisan Mapan. Menurutnya, di masa pandemi penggunaan GoPay untuk pengumpulan pembayaran sangat bermanfaat karena nontunai lebih mudah digunakan tanpa banyak keterlibatan fisik.

Sementara itu, perwakilan dari Mapan, Mahpudz Effendi mengatakan pihaknya selalu percaya sekelompok orang yang bersatu dan bergotong royong akan menciptakan ekonomi serta kondisi bangsa yang kuat.

"Begitu pula saat pandemi, Bersama Mitra Usaha Mapan seperti Bidan Dara, kami mendukung upaya gotong royong mengedukasi kepada masyarakat tentang cara menyiasati agar tetap terus mendapatkan penghasilan namun tetap menjaga protokol kesehatan untuk lingkungan dan komunitasnya," tuturnya.

Berdiri sejak tahun 2009, Mapan (PT Ruma) memiliki misi untuk meningkatkan akses, derajat, dan pendapatan masyarakat Indonesia melalui teknologi. Melalui 1 aplikasi, Mitra Usaha dapat mengakses berbagai produk dan layanan untuk bisa mendapatkan penghasilan dan memiliki usaha.

Saat ini, Mapan telah menjangkau hampir 3 juta anggota yang turut bergabung dengan jaringan Mapan Arisan, layanan unggulan Mapan, yang tersebar di hampir seluruh kabupaten dan kota di Pulau Jawa, Bali, Sumatera Selatan dan dalam waktu dekat akan menjangkau lebih banyak daerah di Indonesia.

Produk dan layanan Mapan kini dapat diakses melalui aplikasi Mapan yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Kunjungi www.mapan.id dan www.facebook.com/MakinMapan untuk informasi lebih lanjut.

(prf/ega)