AHY Sudah di Amerika Serikat Dampingi SBY Berobat Kanker Prostat

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 16:35 WIB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan sudah berada di Rochester, Amerika Serikat. AHY menyebut mendampingi pengobatan sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di sana.

Keberadaannya di Amerika Serikat diumumkan melalui siaran video saat hendak menyampaikan tanggapan PD atas keputusan Mahkamah Agung yang menolak permohonan judicial review AD/ART PD yang diajukan kubu KLB Moeldoko. Video AHY disiarkan di DPP PD, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021).

"Dalam menyampaikan keterangan pers ini, saya mohon maaf tidak bisa hadir secara fisik di kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat bersama rekan-rekan sekalian. Saat ini, saya sedang berada di Rochester, kota kecil di negara bagian Minnesota, Amerika Serikat," jelas AHY.

"Keberadaan saya di Rochester ini adalah dalam rangka mendampingi ayah saya, Bapak SBY, yang tengah menjalani pengobatan atas kondisi kesehatannya. Beberapa waktu lalu, Bapak SBY didiagnosis mengidap penyakit kanker prostat," lanjutnya.

AHY mengatakan kondisi SBY saat ini stabil. Dia menyampaikan pengobatan SBY ke Amerika berdasarkan saran dari tim dokter kepresidenan.

"Atas saran tim dokter kepresidenan, beliau dimohon untuk melakukan pengobatan di Rumah Sakit Mayo Clinic. Alhamdulillah, Bapak SBY saat ini dalam kondisi yang stabil," ujarnya.

AHY menuturkan pagi tadi waktu setempat SBY telah menjalani sejumlah pemeriksaan awal. Sebelum nantinya dilaksanakan tindakan operasi.

"Selasa pagi, tanggal 9 November 2021 waktu setempat, saya berkesempatan mendampingi Bapak SBY untuk melakukan sejumlah pemeriksaan kesehatan awal sebelum dilaksanakannya tindakan operasi," ucapnya.

Lebih lanjut AHY menyampaikan, meski berada di Amerika Serikat, dia tetap memimpin jalannya organisasi PD. Termasuk memimpin fit and proper test calon Ketua DPD PD.

"Di tengah kegiatan mendampingi Pak SBY tersebut, saya tetap memimpin jalannya organisasi Partai Demokrat. Bahkan sehari setelah mendarat di Amerika, saya langsung memimpin pelaksanaan beberapa musyawarah daerah maupun fit and proper test para calon Ketua DPD Partai Demokrat," sambung AHY.

(dek/aud)