Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan, HAC IPB Gelar Festival Ikan Nusantara

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 17:50 WIB
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB akan menyelenggarakan Festival Ikan Nusantara Tahun 2021 (FINA 2021) yang digelar secara virtual. (dok FINA 2021)
Foto: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB akan menyelenggarakan Festival Ikan Nusantara Tahun 2021 (FINA 2021) yang digelar secara virtual. (dok FINA 2021)
Jakarta -

Himpunan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (HAC IPB) menggelar Festival Ikan Nusantara (FINA) 2021. Festival ini bertujuan mengajak masyarakat Indonesia meningkatkan produksi dan konsumsi ikan sekaligus memperingati Hari Ikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 21 November.

FINA 2021 yang mengusung tema 'Ikan, Masa Kini dan Masa Depan Kita' ini berlangsung pada 9-25 November 2021. Festival ini bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University.

Ketua Pelaksana FINA 2021, Nelly Oswini, menjelaskan FINA 2021 digelar untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang industri perikanan dan produk turunannya, mendorong masyarakat untuk lebih gemar mengkonsumsi ikan sebagai sumber gizi dalam mengatasi stunting, mempercepat pertukaran informasi dan teknologi perikanan tangkap dan budidaya terkini yang adaptif dan inovatif baik dari dalam maupun luar negeri.

Selain itu, acara ini juga untuk menarik minat investor untuk memanfaatkan peluang berinvestasi dalam industri perikanan budidaya di Indonesia.

"Yang membedakan FINA 2021 dengan tahun-tahun sebelumnya adalah acara diselenggarakan secara hibrid sehingga kegiatan pameran bisa diakses 24 jam secara global. Dengan demikian, para pengunjung memiliki waktu leluasa untuk mengikuti pameran dan para peserta bisa menjalin kerja sama dengan stakeholder perikanan dari seluruh dunia. Selain itu, pembuatan Road Map Makan Ikan yang berisi usulan rencana strategis untuk meningkatkan konsumsi ikan hingga 2045, bertepatan dengan Indonesia Emas atau 100 tahun kemerdekaan Indonesia," jelas Nelly dalam keterangan tertulis, Selasa (9/11/2021).

Road Map Makan Ikan disusun oleh tim ahli gabungan akademisi dan praktisi. Road map ini akan diserahkan kepada KKP pada puncak acara FINA 2021.

Nelly menambahkan, peserta kegiatan ditargetkan mencapai 1.000 orang meliputi pelaku usaha, masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa, serta kalangan akademisi dan pemerintah.

Pembukaan FINA

Pembukaan FINA 2021 secara offline digelar di Raiser Ikan Hias Cibinong, Bogor, Jawa Barat hari ini.

"Selayaknya alumni FPIK ikut serta mendukung kegiatan-kegiatan kelautan dan perikanan," kata Ketua HAC IPB, Hikmat Rusdi.

Ketua HA IPB, Fathan Kamil mengatakan, Festival Ikan Nusantara merupakan kegiatan penting yang punya makna strategis sebagai komitmen mendorong penguatan ketahanan pangan nasional.

"Ikan bagian integral dari produksi pangan yang dihasilkan dari laut. Oleh karena itu kami terus mendorong agar kampanye ini berkelanjutan, agar kesadaran di masyarakat dalam mengonsumsi ikan terus berlanjut dan meningkat kebutuhannya dan didorong lebih jauh produksinya," ungkapnya.

Dekan FPIK IPB University, Fredinan Yulianda, mengatakan, untuk memasyarakatkan budaya makan ikan perlu upaya-upaya untuk memenuhi kebutuhan ikan segar, ikan bermutu, mudah diperoleh, dan dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, diperlukan dukungan semua stakeholder terkait mewujudkan hal tersebut.

"Mari kita bangun budaya makan ikan, budaya penyedia ikan, budaya menciptakan mutu ikan, dan budaya melahirkan insan-insan yang sehat dan cerdas melalui Festival Ikan Nusantara tahun 2021. Hari ini akan mencatat momentum itu untuk membangkitkan raksasa ikan yang selama ini tertidur," urainya dalam sambutan secara daring.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.