detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Perbaikan Tanggul Hek Dilanjut Saat Air Meninggi

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 12:26 WIB
Perbaikan tanggul di pertigaan Hek Kramat Jati, Jakarta Timur, 9 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Perbaikan tanggul di pertigaan Hek Kramat Jati, Jakarta Timur, 9 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jakarta -

Tanggul perbaikan sementara berupa karung dan pagar kayu telah dijebol luapan air Kali Baru, sehingga air menggenangi pertigaan Hek Kramat Jati, kemarin malam. Kini tanggul diperbaiki meski air masih meninggi.

Berdasarkan pantauan detikcom di pertigaan Hek di Jl Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (9/11/2021), terlihat pasukan biru mulai melakukan perbaikan tanggul karung-kayu yang jebol.

Mereka berjibaku meski harus merendam tubuh di air Kali Baru yang sedang meninggi, sampai sedada pria dewasa. Bahkan air sudah terlihat menutup kolong jembatan yang menghubungkan Jl Raya Bogor dengan Jl Rahayu.

Perbaikan tanggul di pertigaan Hek Kramat Jati, Jakarta Timur, 9 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Perbaikan tanggul di pertigaan Hek Kramat Jati, Jakarta Timur, 9 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Para petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur itu secara satu per satu mulai mengangkat batu besar dan karung goni berisikan lumpur dan bebatuan kecil untuk ditumpukkan menjadi satu layaknya pembatas jalan. Tri Haryono, salah satu petugas SDA Jakarta Timur, mengatakan pembersihan dan perbaikan tanggul dilakukan dalam beberapa bulan terakhir.

"Ini kita lakukan perbaikan sementara karena kemarin sempat meluap airnya karena hujan," katanya saat ditemui di lokasi.

Ia bersama empat orang lainnya pun mengaku tidak khawatir memperbaiki tanggul sementara yang sempat jebol tersebut.

"Iya, kita percaya saja sama Yang di Atas bahwa semua kehendak Yang di Atas. Yang penting kita menjalankan tugas dengan baik. Insyaallah akan aman semuanya," tegasnya.

Saat ini perbaikan tanggul Hek masih terus dilakukan dengan melakukan pemasangan batu besar dan pengerukan di dasar kali.

Kali Baru meluap menjebol tanggul menggenangi Jl Raya Bogor, pertigaan Hek Kramat Jati, Jakarta Timur, 9 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Kali Baru meluap menjebol tanggul menggenangi Jl Raya Bogor, pertigaan Hek Kramat Jati, Jakarta Timur, 9 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Sebelumnya, air di Kali Baru meluber hingga menggenangi Jl Raya Bogor, kawasan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur pada Minggu (7/11) malam sampai Senin (8/11) Subuh.

Luapan kali tersebut sempat menggenangi jalan raya dan masuk ke dalam kios milik warga yang berada di sekitar lokasi.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, saat ini air sudah mulai menyusut di jalan raya tersebut. Kendati begitu, masih tersisa genangan yang menyulitkan pengendara roda dua dan empat.

Lihat juga video 'Antisipasi Banjir Susulan, Perbaikan Tanggul Jebol di Subang Dikebut':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)