PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang Sampai Tanggal Berapa? Ini Kabar Terkini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 11:01 WIB
PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang Sampai Tanggal Berapa? Ini Kabar Terkini
PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang Sampai Tanggal Berapa? Ini Kabar Terkini (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

PPKM Luar Jawa Bali diperpanjang sampai tanggal berapa kembali dipertanyakan masyarakat. Hal ini berkaitan dengan evaluasi yang dilakukan pemerintah terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di luar Jawa Bali yang telah berlangsung 3 minggu lamanya.

Adapun perpanjangan PPKM diumumkan langsung oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartanto. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini PPKM luar Jawa Bali diperpanjang selama 2 minggu.

Untuk menjawab pertanyaan sampai kapan PPKM luar Jawa Bali kembali diperpanjang, detikcom merangkum ulasan dan informasi terkait lainnya berikut ini.

PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang Sampai Tanggal 22 November 2021

Dalam pengumuman yang disampaikan Airlangga pada Senin (8/11) lalu, PPKM luar Jawa Bali diperpanjang selama dua minggu. Terhitung aturan serta kategori level PPKM di wilayah tersebut akan berlaku hingga tanggal 22 November 2021.

"Perpanjangan PPKM luar Jawa-Bali pada periode 9 November sampai 22 November atau diperpanjang 2 minggu," kata Airlangga dalam konferensi pers, Senin (8/11/2021).

Sejalan dengan pengumuman itu, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian juga meneken Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terbaru pada Senin (8/11) lalu. Aturan itu yakni Inmendagri Nomor 58 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Kondisi COVID-19 di Luar Jawa Bali

Kini sudah diketahui PPKM Luar Jawa Bali diperpanjang sampai tanggal 22 November 2021. Selain kabar perpanjangan, Airlangga juga membawa kabar baik soal kondisi COVID-19 di luar Jawa Bali.

Airlangga mengatakan perkembangan kasus COVID-19 di luar Jawa Bali kian membaik. Salah satunya dengan adanya 27 provinsi di luar Jawa-Bali yang sudah tak ada yang berstatus PPKM level 3 dan 4.

"Dari 27 provinsi luar Jawa-Bali tidak ada yang di level 4, kemudian tidak ada di level 3, ini kita bicara provinsi dan 22 provinsi di level 2 dan 5 provinsi di level 1," ucapnya.

Sementara itu, untuk kabupaten/kota, berikut jumlah daerah dengan kategori PPKM level:

  • PPKM level 1: 151 kabupaten/kota
  • PPKM level 2: 231 kabupaten/kota
  • PPKM level 3: 4 kabupaten/kota
  • PPKM level 4: nihil

PPKM luar Jawa Bali diperpanjang sampai tanggal 22 November 2021. Kabar lainnya juga dapat dilihat di halaman selanjutnya.