Perkuat Sinergi, Kemnaker Ajak Serikat Pekerja Kunjungi BBPLK Bekasi

Inkana Putri - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 10:15 WIB
Kemnaker Ajak Serikat Pekerja Kunjungi BLK Bekasi
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) mengundang serikat pekerja/buruh (SP/SB) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) melakukan kunjungan lapangan ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi, Senin (8/11).

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menyinergikan pembinaan serikat pekerja/serikat buruh. Selain itu, Staf Khusus Menaker, Dita Indah Sari menyampaikan kunjungan ini juga merupakan langkah mempersiapkan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) bagi para pekerja/buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Kita berharap teman-teman SP/SB ketika anggotanya ter-PHK, mereka sudah tahu harus ke BLK untuk memperoleh skill baru atau skilling, re-skilling, dan up-skilling," ujar Dita dalam keterangan tertulis, Selasa (9/11/2021).

Lebih lanjut Dita menjelaskan BLK selama ini hanya dikenal oleh kalangan pengusaha dan pemerintah. Namun, banyak serikat pekerja/serikat buruh tidak mengetahui cara mengakses BLK agar memperoleh berbagai program pelatihan.

"Nah dalam site visit ini, kita buat agar mereka paham, kalau mau meningkatkan upah, tingkatkan juga produktivitas dan kompetensi. Ke mana? Ke BLK. Jadi kalau menuntut peningkatan upah itu, dasarnya kompetensi dan produktivitas. Nah itu diajarkan di BLK," kata Dita.

Di sisi lain, Sekretaris Ditjen PHI Jamsos Kemnaker, Surya Lukita Warman, mengatakan selama kunjungan, rombongan serikat pekerja/serikat buruh dan APINDO juga memperoleh penjelasan soal program peningkatan kompetensi tenaga kerja. Adapun hal ini dipaparkan oleh Kepala BBPLK Bekasi, Herman Bija pada pelatihan vokasi di BBPLK Bekasi.

Usai memperoleh paparan, Surya mengatakan pekerja/serikat buruh melanjutkan kegiatan mengunjungi aktivitas berbagai bidang di workshop BBPLK Bekasi.

"Hari ini, kita mengajak teman-teman SP/SB untuk mengenalkan BBPLK Bekasi, agar nantinya dapat menyinergikan program di BBPLK Bekasi dengan program SP/SB. Artinya ketika ada yang di PHK, temen-temen SP/SB dapat mengikuti program pelatihan yang ada di BBPLK Bekasi," kata Surya Lukita.

Sementara itu, Herman menyebut kunjungan lapangan ini menjadi upaya publikasi BBPLK Bekasi di kalangan pekerja/buruh maupun pelaku usaha. Dalam kesempatan ini, Herman menjelaskan BBPLK Bekasi juga dapat membantu para pekerja yang ter-PHK untuk bangkit kembali dengan berbagai pelatihan, seperti re-skilling.

"Ketika mereka belajar dan memperoleh keterampilan di sini, maka akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru, yang tidak sesuai atau job mereka sebelumnya. Dengan pengetahuan dan keterampilan baru yang diperoleh tersebut, diharapkan mereka bisa survive untuk melanjutkan kehidupan bersama keluarga," kata Herman.

Herman berharap setelah SP/SB mengunjungi lima workshop/kejuruan mereka dapat mengikuti program pelatihan di BBPLK Bekasi. Adapun kejuruan ini di antaranya Elektronika, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Pendingin, Pariwisata, dan Teknik Las.

(fhs/ega)