Menakar Peluang Posisi Marsekal Hadi Tjahjanto Jika Masuk Kabinet Jokowi

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 09:03 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto
Hadi Tjahjanto (Dok. Puspen TNI)
Jakarta -

Jabatan Panglima TNI kini bakal berpindah dari Marsekal Hadi Tjahjanto ke Jenderal Andika Perkasa. Namun belakangan beredar isu bahwa ada kursi jabatan yang menunggu Marsekal Hadi di dalam kabinet Presiden Jokowi usai pensiun dari Panglima TNI. Benarkah informasi tersebut?

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio alias Hensat, menyebut Hadi Tjahjanto memang berpotensi mengisi jabatan di kabinet Jokowi. Dia bahkan menduga hal itu akan terlaksana sebelum Jokowi melantik Jenderal Andika Perkasa.

"Sebetulnya kalau Presiden mau reshuffle nggak perlu tunggu momen-momen, kapan pun dia lakukan dia bisa, tapi mungkin supaya sekalian dan jadi reshuffle pamungkas, mungkin Pak Jokowi akan menunggu momen tersendiri, yaitu momennya pensiunnya Pak Hadi, misalnya, ya. Sehingga nanti langsung diangkat juga. Mungkin bisa jadi reshuffle dulu baru nanti pelantikan panglima kan," kata Hensat saat dihubungi, Senin (8/11/2021).

Hensat lantas membahas kemungkinan berlanjutnya Hadi masuk ke kabinet Jokowi. Menurutnya, track record dan kedekatan Hadi dengan Jokowi memperbesar kemungkinan itu terjadi.

"Nah apakah Pak Hadi mungkin bisa masuk kabinet? Ya sangat mungkin, karena Pak Hadi punya track record bagus dan plus kedekatan dengan Pak Jokowi. Dan ada beberapa peluang posisi yang bisa ditempati oleh Marsekal Hadi. Bisa ke mana-mana dia, jadi menurut saya sangat mungkin," ucapnya.

Hensat lantas menyebut ada beberapa posisi potensial yang bisa diisi Hadi di dalam kabinet Jokowi. Beberapa posisi yang memungkinkan, kata dia, adalah Menko Polhukam, KSP, atau Menteri Perhubungan.

"Ya menurut saya ada beberapa, misalnya kalau kemudian Pak Mahfud mau benar isunya dijadikan Jaksa Agung, berarti posisi Pak Mahfud bisa diisi oleh Pak Hadi. Kalau memang benar Pak Moeldoko mau digantikan, ya bisa juga Pak Hadi karena dekat dengan sosok Jokowi jadi KSP, tapi bisa juga karena memang beliau ahli juga dalam perhubungan, bisa juga jadi Menteri Perhubungan gitu kan," jelasnya.

Hensat menilai Hadi kemungkinan akan menggantikan menteri dari kalangan profesional jika betul masuk kabinet Jokowi. "Jadi ada beberapa tempat posisi yang mungkin bisa diisi oleh Pak Hadi, tapi yang jelas posisinya beliau ini akan mengurangi jatah profesional, jadi mungkin ada menteri profesional yang dikurangi, sementara dari parpol akan tetap jumlahnya," tuturnya.

Simak video 'Hadi Tjahjanto Berpeluang Masuk Kabinet, PD: Mudah-mudahan':

[Gambas:Video 20detik]




(maa/idn)