Kapolri: Event Nasional dan Internasional Berdampak ke Pertumbuhan Ekonomi RI

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 19:03 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Dok Istimewa)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberi pernyataan kepada media usai mengecek Sirkuit Mandalika
Jakarta -

Perhelatan besar nasional PON XX di Papua hingga agenda bertaraf internasional The 58 Th International Association of Women Police (IAWP) Training Conference di Labuan Bajo, NTT, sukses digelar di tengah masa pandemi COVID-19. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan hal tersebut berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sigit mengatakan agenda PON XX di Papua dan IAWP di Labuan Bajo terlaksana dengan aman, lancar dengan tetap mengantisipasi pencegahan laju pertumbuhan COVID-19. Sigit mengatakan kesuksesan event nasional dan internasional tersebut akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia.

"Dengan adanya event nasional dan internasional akan berdampak pada terjadinya pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang akan semakin baik," kata Sigit dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Jakarta, Senin (8/11/2021).

Keberhasilan tersebut, lanjut Sigit, tentunya karena diiringi dengan penanganan dan pengendalian COVID-19 yang baik.

Indonesia sendiri dalam waktu dekat masih akan diagendakan menjadi tuan rumah dalam perhelatan acara internasional. Kegiatan bertaraf dunia yang sudah di depan mata antara lain Asian Talent Cup dan World Superbike Championship (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Demi mempertahankan nama baik Indonesia di mata dunia karena berhasil menyelenggarakan event nasional dan internasional di tengah pandemi COVID-19, Sigit menekankan kepada seluruh pihak untuk ikut membantu percepatan akselerasi vaksinasi Corona sehingga kekebalan komunal atau imunitas terhadap virus Corona bakal segera terbentuk.

Tak hanya vaksinasi, mantan Kapolda Banten ini menegaskan bahwa disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) harus tetap dilaksanakan dengan baik.

"Tentunya kalau ini semua bisa kita laksanakan, maka Indonesia semakin bagus di mata internasional. Demikian juga pertumbuhan ekonomi akan makin baik. Tentunya yang paling penting adalah mencegah laju pertumbuhan COVID-19 bisa kita kendalikan. Sekali lagi kami ingatkan yang belum vaksin, laksanakan, ikuti kegiatan vaksinasi. Dan yang sudah vaksin tetap laksanakan protokol kesehatan," ujar Sigit.

Dalam hal percepatan vaksinasi dan penguatan prokes, eks Kabareskrim Polri ini merangkul serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu dan bergandengan tangan dalam mewujudkan hal tersebut.

"Sebagaimana pernyataan Pak Presiden Joko Widodo (Jokowi), bangkitnya rasa kemanusiaan, persaudaraan, dan persatuan dari segala penjuru adalah sebuah kekuatan mahabesar yang menambah keyakinan musibah ini akan mampu diatasi bersama-sama," tutur Sigit.

Oleh karena itu, Sigit menegaskan, dengan adanya penurunan level PPKM yang dibarengi dengan kelonggaran aktivitas masyarakat, soal penerapan protokol kesehatan tidak boleh abai atau pun lengah sedikit pun. Hal itu guna mencegah terjadinya gelombang ketiga COVID-19.

(hri/fjp)