Luhut Temukan Pelanggaran Prokes di Sejumlah Beach Club Bali-Bar di Bandung

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 17:27 WIB
Infografis  sederet tugas Menko Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: M Fakhry Arrizal/detikcom
Jakarta -

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyoroti pelanggaran protokol kesehatan (prokes) yang terjadi di Bali dan Bandung. Ada klub hingga bar yang melanggar aturan PPKM.

"Kami menemukan beberapa pelanggaran, utamanya di beberapa restoran dan beach club yang ada di wilayah Bali," kata Luhut saat konferensi pers di YouTube Setpres, Senin (8/11/2021).

Luhut mengatakan Presiden Jokowi memberi arahan agar mensterilkan Bali yang akan menjadi tempat pertemuan G20. Oleh karena itu, dia menyoroti beach club di Bali yang tidak menerapkan jaga jarak (physical distancing).

"Tidak ada physical distancing dan tidak ada enforcement dari pengelola untuk menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas," ujar Luhut.

Selain itu, tempat tersebut tidak menyediakan QR code PeduliLindungi. Hal ini membuat kondisi lapangan tidak terpresentasikan.

"Tidak ada foto scan QR code PeduliLindungi sehingga angka tidak mempresentasikan kondisi lapangan. Mengenai hal ini kami meminta pemerintah daerah untuk berperan aktif, tegas menindak pelanggaran seperti ini," ungkapnya.