Kronologi 1 Anggota KKB Tewas Tertembak di Intan Jaya Papua

Wilpret Siagian - detikNews
Sabtu, 06 Nov 2021 16:14 WIB
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua
Ilustrasi KKB di Papua (Mindra Purnomo/detikcom)
Intan Jaya -

Satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) meninggal setelah baku tembak dengan aparat gabungan TNI-Polri di Intan Jaya, Papua. Baku tembak terjadi saat personel gabungan sedang memantau situasi.

"Kontak tembak antara aparat gabungan TNI-Polri dengan KKB terjadi pukul 06.00 WIT di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, menyebabkan satu anggota KKB meninggal dunia," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal di Jayapura, Sabtu (6/11/2021).

Kontak tembak terjadi pada Jumat (5/11). Bermula dari personel TNI-Polri melihat sekawanan pria bersenjata laras panjang.

Sekelompok pria bersenjata itu tampak muncul dari arah pepohonan di sekitar Dusun Biulagi ke sekitar Kali Wabu. Berikut kronologinya:

- 11.27 WIT

Terdengar letusan senjata api laras pendek satu kali dari arah tower Telkomsel Bilogai.

- 13.14 WIT

Personel gabungan melihat kembali sekelompok orang membawa dua pucuk senjata api laras panjang di kelilingi sekitar 20 orang yang duduk seperti sedang konsolidasi di sekitar Dusun Bilulagi.

Kemudian terlihat satu anggota KKB membawa senpi laras panjang masuk ke sekitar Klinik Pastoran ST Michael Bilogai. Personel TNI-Polri tak mengambil tindakan karena terdapat sejumlah perempuan di sekitar klinik.

- 15.17 WIT

Satu anggota KKB di sekitar Klinik Pastoran ST Michael Bilogai menembak ke arah Pos Satgas Yon Mek 521 dan berlari ke arah sekitar pertigaan TKP Ramli.

Personel Satgas Yon Mek 521 lalu mengeluarkan tembakan ke arah datangnya tembakan. Saat dilakukan penyisiran di lokasi, ditemukan 1 anggota KKB meninggal dunia.

- 15.21 WIT

Personel gabungan yang bersiaga di Polsek Sugapa tiba-tiba mendapat tembakan dari arah perumahan Satpol PP dan tower Telkomsel. Dua personel terkena rekoset.

- 18.20 WIT

Personel TNI-Polri mengejar kelompok KKB ke pertigaan TKP Ramli atau jalan masuk kompleks Pastoran ST Michael Bilogai, selanjutnya menuju ke pos masing-masing.

Jenazah anggota KKB beserta sepucuk senpi laras panjang gagal disita karena ada tembakan secara frontal oleh KKB dari arah belakang lapangan bola kompleks Pastoran ST Michael Bilogai hingga belakang TKP Ramli.

Simak berita lengkapnya di halaman berikutnya.