Dimulai, Fit and Proper Test Jenderal Andika Digelar Terbuka-Tertutup

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 06 Nov 2021 10:36 WIB
Fit and proper test Jenderal Andika Perkasa
Jenderal Andika Perkasa menjalani fit and proper test di Komisi I DPR RI (Screenshot YouTube DPR RI)
Jakarta -

Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, yang digelar di ruang rapat Komisi I DPR RI kompleks MPR/DPR, Jakarta, resmi dibuka. Penyampaian visi-misi digelar Andika Perkasa digelar tertutup.

"Mekanisme RDPU kita hari ini yaitu, yang pertama, penyampaian visi-misi calon Panglima TNI dilaksanakan secara terbuka, penyampaian strategi dan kebijakan dilaksanakan secara tertutup. Alokasi waktu calon Panglima TNI untuk menyampaikan visi-misi adalah 30 menit," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) di ruang rapat Komisi I DPR, Sabtu (6/11/2021).

Setelah visi-misi dan penyampaian strategi kebijakan, fit and proper test dilanjutkan sesi tanya-jawab dari masing-masing fraksi di DPR. Tahap ini dilaksanakan secara tertutup.

"Pendalaman tanya-jawab dari fraksi-fraksi masing-masing fraksi, Bapak-Ibu kapoksi tolong dicatat, diberi waktu 7 menit, dilaksanakan secara tertutup. Jawaban calon Panglima TNI terhadap pertanyaan dari fraksi diberikan alokasi selama 20 menit, dilaksanakan secara tertutup," ucap Meutya.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pendalaman dari sesi tanya-jawab sebelumnya. Tahapan ini juga digelar secara tertutup.

"Pendalaman tanya-jawab masing-masing anggota diberi waktu kurang-lebih 3 menit, dilaksanakan secara tertutup, dan kemudian calon Panglima TNI menjawab, diberi alokasi waktu kurang-lebih 20 menit, dilaksanakan secara tertutup," sebut Meutya.

Simak video 'Momen Jenderal Andika Perkasa Tiba di DPR untuk Uji Calon Panglima TNI':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/haf)